Sukses

Kolaborasi Antam Dukung Penghijauan di Jakarta Lewat Taman Interaksi

Program kolaborasi Taman Interaksi merupakan upaya dalam dekarbonisasi di Wilayah Perkotaan.

Liputan6.com, Jakarta Program kolaborasi Taman Interaksi merupakan upaya dalam dekarbonisasi di Wilayah Perkotaan. Tujuannya untuk memberikan sentuhan wisata edukasi organic edutourism, dengan harapan dapat memberikan ruang hijau dan mendukung program penataan kawasan berbasis kewilayahan.

Berkaitan dengan program tersebut, Kelurahan Duren Sawit berkolaborasi dengan PT Antam Tbk (Antam) melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia lakukan revitalisasi kawasan unggulan Taman Interaksi yang diresmikan langsung Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono pada Rabu (22/2).

General Manager Antam UBPP Logam Mulia, Purwanto menyebutkan upaya dekarbonisasi melalui Taman Interaksi dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaannya terutama di bidang pemberdayaan masyarakat. "Kolaborasi ini juga dilakukan sejalan dengan Sinergi Harmoni dan Sinergi Lestari dimana Antam sebagai perusahaan yang menjalankan keberlanjutan terus berupaya memberikan kontribusi bagi lingkungan di sekitar wilayah operasi," kata Purwanto.

Lebih lanjut Purwanto menjelaskan, sejalan dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDRT) Wilayah Perencanaan DKI Jakarta, Antam akan mendukung penataan kawasan berbasis kewilayahan dengan konsep hijau melalui pengembangan urban farming dan penambahan infrastruktur publik.   "Kami berharap ke depan Antam terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam upaya menghijaukan bumi melalui aksi lingkungan yang dimulai dari diri sendiri," ujar Purwanto.

Di kesempatan yang sama, PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memberikan apresiasi atas kontribusi Antam dalam upaya dekarbonisasi. Dia berharap sinergi ini akan terus berlanjut untuk mendukung penghijauan di wilayah Jakarta.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan Antam yang telah memberikan perhatian di lingkungan Duren Sawit di Taman Interaksi yang diinisiasi oleh Ibu Lurah dan Pak Camat. Semoga menjadi yang awal dan tanpa akhir membantu membangun, menghijaukan Jakarta," kata Heru.

Dengan adanya kolaborasi tersebut, warga di sekitar Duren Sawit ternyata merasakan manfaatnya. Menurut Syarif Hidayatullah, upaya dekarbonisasi Taman Interaksi ini bisa menjadi sarana edukasi, pendidikan dan interaksi sosial warga.   "Dengan adanya taman seperti ini, antusiasme warga di sini sangat menyambut baik. Saya dan warga berterima kasih kepada Antam yang sudah membantu pembangunan taman ini," ujar Syarif.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.