Sukses

Heru Budi Imbau Siswa Tingkatkan Budaya Literasi Agar Terhindar dari Hoaks

Pj.Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjadi pembina upacara di SMAN 71 Duren Sawit, Jakarta Timur pada Senin (20/02/2023). Dalam kesempatan pidatonya ia Pj. Gubernur DKI Jakarta mengimbau para siswa untuk terus meningkatkan budaya literasi dan dan guru

Liputan6.com, Jakarta Liputan 6.com, Jakarta - Heru Budi Hartono berkunjung ke Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)71 Duren Sawit, Jakarta Timur pada Senin,(20/01/2023). Dalam kunjungannya menjadi pembina upacara, Heru memberikan semangat kepada para siswa untuk meningkatkan prestasinya melalui peningkatan budaya literasi agar  siswa mampu menangkal pemberitaan hoaks.

"Saya hadir di sini dalam rangka keliling sekolah, termasuk juga nanti ke berbagai SMA, SMP dan SD. Hari ini, SMAN 71 adalah yang pertama," ungkap Heru dalam keterangan resminya, Senin (20/2/2023)

"Saya ingin memberi semangat kepada para siswa agar selalu meningkatkan prestasinya. Untuk SMAN 71 saat ini tercatat prestasinya se-DKI adalah peringkat ke-18. Bisa naik atau tidaknya peringkat itu adalah hasil kerja keras bersama-sama Bapak/Ibu guru,Kepala Sekolah dan para siswa." tambah Heru.

Heru mengungkapkan lebih lanjut dalam pidato yang disampaikan kepada para siswa bahwa dengan adanya peningkatan, kemudahan dalam mengakses informasi, maka siswa juga harus meningkatkan seleksi pemberitaan dengan bijak agar dapat terhindar dari hoaks.

Selain itu, Heru mengimbau agar siswa dapat menggunakan waktu luang dengan sekedar membaca buku, berorganisasi di sekolah, dan aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Menurut dia dengan diterapkannya budaya literasi seperti membaca, prestasi akan meningkat. Dan dengan rajin membaca, ilmu pengetahuan juga akan bertambah, sehingga dapat menangkal hoaks.

"Semakin gampang akses, artinya semakin kita harus waspada. Jika ada waktu luang, tolong bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif. Akses untuk menambah ilmu itu sudah mudah, sehari satu jam saja belajar ilmu-ilmu yang di luar dari yang diajarkan oleh guru-guru," ujar Heru 

Heru berepesan kepada siswa untuk memperkuat rasa tenggang rasa kepada sesama dengan menjaga tata krama, menjaga aturan sekolah dan menghormati guru di sekolah.

Selain memberikan pesan terhadap siswa Gubernur Heru juga menyampaikan pesan kepada guru untuk tetap semangat memberikan ilmu, nasihat dan pandangan yang terbaik kepada peserta didik "Selamat belajar dan Berprestasi," tutup Heru sebagai kata-kata pamungkas penutup pidatonya.

 

Usai kegiatan upacara, Gubernur Heru melanjutkan agenda berikkutnya yakni melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Puskesmas Kecamatan Duren Sawit, yang bertepatan berada di depan SMAN 71. Dalam sidak tersebut, Heru didampingi Camat Duren Sawit Musa Syafrudin, Kepala Puskesmas Kecamatan Duren Sawit Surnesi Handayani, dan Kepala SMAN 71 Acep Mahmudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini