Sukses

LPSK Bakal Terus Lindungi Richard Eliezer hingga Bebas dari Bui

LPSK segera berkoordinasi dengan Dirjenpas terkait teknis pengamanan kepada terdakwa Richard Eliezer ketika sudah berstatus narapidana. Selain itu, LPSK memastikan terus mengawal Richard Eliezer.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menegaskan masih memiliki kewajiban untuk memberikan pengamanan kepada terdakwa dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, yakni Richard Eliezer alias Bharada E hingga bebas.

"Masih ada kewajiban bagi LPSK untuk mengawal, melindungi dan memberikan pengamanan bagi Eliezer,” ujar Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo, seperti dikutip dari Antara, Jumat (17/2/2023).

Selain itu, Hasto menuturkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk pengamanan ketika Richard Eliezer sudah berstatus narapidana.

"Dan nantinya dengan kalapas di mana Eliezer akan ditempatkan guna mendiskusikan teknis-teknis perlindungan," tutur Hasto.

Hasto berharap keputusan yang diambil Hakim Wahyu Iman Santoso dan dua hakim anggota lainnya beserta model yang diterapkan Kejaksaan Agung bisa menjadi contoh bagi penegakan hukum pada masa depan.

Sejak awal seseorang yang berstatus sebagai justice collaborator memang harus mendapatkan hak-haknya seperti perlindungan dari LPSK, perlakuan khusus oleh polisi hingga mendapatkan atau memperoleh penghargaan dari hakim atas peran justice collaborator berupa keringanan hukuman.

Selain itu,LPSK mengapresiasi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) atas kolaborasi yang baik dalam mengusut tuntas kasus yang terjadi pada 8 Juli 2022 tersebut. "Kerja sama Rutan Bareskrim dengan LPSK sangat baik sehingga LPSK bisa menjalankan tugas dengan sangat baik pula," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vonis Ringan Richard Eliezer, Ketua LPSK Sebut Sejarah Baru bagi Dunia Peradilan

Sebelumnya, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menilai, putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terhadap terdakwa Richard Eliezer menjadi tonggak baru bagi dunia peradilan pidana di Tanah Air.

"Ini adalah tonggak sejarah baru. Dibandingkan justice collaborator lain yang pernah diberikan LPSK, saya melihat nilai lebih Eliezer ini adalah ketulusannya dan kesungguhannya," ujar Ketua LPSK, Hasto Atmojo Suroyo dilansir dari Antara, Jumat (17/3/2023).

Menurut Hasto, vonis yang diberikan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kepada Richard Eliezer telah merujuk pada Undang-undang Perlindungan Saksi dan Korban. 

"Hakim jelas-jelas merujuk kepada Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban," ucap Hasto.

Hasto juga menyinggung soal dilema hukum yang dialami Richard Eliezer. Kendati menyandang status justice collaborator atau saksi pelaku yang bekerja sama dengan penegak hukum, dia tetap dituntut 12 tahun oleh jaksa penuntut umum dalam perkara itu.

Atas dilema hukum yang terjadi, Hasto mengatakan bahwa Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban memang masih tergolong paradigma baru dalam sistem peradilan pidana di Indonesia.

"Termasuk justice collaborator yang menjadi subjek baru yang dilindungi LPSK dan diatur dalam UU Perlindungan Saksi dan Korban," katanya.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

LPSK Lakukan Asesmen

Di satu sisi, LPSK menyadari belum semua pihak bisa memahami dengan sempurna atas paradigma sistem peradilan pidana tersebut. Namun, hakim dengan progresif telah memberikan putusan, salah satunya berdasarkan pasal yang ada dalam UU Perlindungan Saksi dan Korban.

Pada kesempatan itu, Hasto juga menjawab soal keraguan apakah Richard Eliezer pantas mengantongi status justice collaborator sebab biasanya hal itu hanya diberikan kepada pelaku untuk kasus tindak pidana yang berdimensi kolektif atau kejahatan terorganisasi, seperti korupsi, tindak pidana perdagangan orang, dan narkotika.

Akan tetapi, jika merujuk pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 yang sudah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 menyatakan bahwa selain tindak pidana korupsi, perdagangan orang dan narkotika, justice collaborator juga bisa diberikan kepada kasus tindak pidana yang ditetapkan LPSK.

Ia mengatakan, sebelum memberikan perlindungan, LPSK lebih dulu melakukan asesmen sehingga menyatakan Bharada E layak diberikan justice collaborator.

"Dibandingkan justice collaborator lain yang pernah diberikan LPSK, saya melihat nilai lebih Eliezer ini adalah ketulusannya dan kesungguhannya," ujar Hasto.

 

4 dari 4 halaman

Vonis 1 Tahun 6 Bulan Richard Eliezer

Sebagai informasi, terdakwa Richard Eliezer telah divonis hakim selama 1,6 tahun bui. Richard terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan dan turut serta dalam pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Yosua Hutabarat atas perintah atasanya Ferdy Sambo.

Hukuman diterima hakim lebih rendah dari tuntuan jaksa selama 12 tahun. Menurut hakim, putusan yang jauh lebih ringan ini merupakan buah jujurnya Eliezer selama persidangan dan statusnya sebagai justice collaborator.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.