Sukses

Jokowi Tekankan 6 Topik yang Harus Dibahas di World Water Forum di Bali 2024

Jokowi berharap World Water Forum ke-10 di Bali nanti dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi nyata.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan enam topik yang harus dibahas dalam penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali tahun 2024. Salah satunya yakni, kebutuhan air untuk manusia dan lingkungan.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menerima Presiden World Water Council, Loic Fauchon dan delegasi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (15/2/2023).

"Kami dari World Water Council dan juga dari National Organizing Committee untuk World Water Forum Ke-10 di Bali tahun 2024, baru saja diterima oleh Bapak Presiden," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai mendampingi Presiden dalam pertemuan, dikutip dari siaran pers, Rabu (15/2/2023).

"Beliau memesankan kepada enam topik yang harus dibahas di dalam World Water Forum nanti, di antaranya adalah kebutuhan air untuk human dan environment," sambungnya.

Menurut dia, topik kebutuhan air untuk manusia dan lingkungan menjadi perhatian karena Jokowi memandang saat ini dunia sudah menghadapi krisis air global. Untuk itu, Jokowi berharap World Water Forum ke-10 di Bali nanti dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi nyata.

"Beliau melihat the global water crisis sekarang ini sudah kita hadapi. Untuk itu, beliau berharap World Water Forum Ke-10 nanti tidak hanya sebagai conference biasa, tapi juga menghasilkan concrete recommendations untuk dilakukan aksinya," jelasnya.

Basuki menyampaikan, pada 15 dan 16 Februari 2023, dimulai pertemuan awal yang akan dihadiri oleh seluruh Dewan Gubernur World Water Council yang terdiri atas 56 orang. Selain itu, pertemuan perdana ini juga akan dihadiri lebih dari 1.400 orang peserta.

"Mudah-mudahan kick-off meeting ini bisa berjalan dengan baik untuk bisa menggerakkan semua. Jadi tujuannya adalah memobilisasi, menggerakkan semua stakeholders di water sector untuk lebih aware terhadap problem-problem pengelolaan sumber daya air," tutur Basuki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Presiden World Water Council

Sementara itu, Presiden World Water Council, Loic Fauchon menyampaikan apresiasinya atas dukungan Presiden Joko Widodo dan seluruh pemangku kepentingan di Indonesia dalam bidang air.

Dia pun mengajak semua pihak untuk mempersiapkan penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali dengan baik.

"Kita harus mempersiapkan World Water Forum berikutnya yang akan diadakan di Bali tahun depan dan bersama-sama dalam proses koordinasi kita mencoba memberikan solusi baru, respons baru yang memungkinkan kita meningkatkan akses air untuk miliaran orang," ujarnya.

Dalam pertemuan ini, Jokowi juga didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Seperti diketahui, Indonesia secara resmi terpilih sebagai tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut diputuskan pada WWF ke-9 di Dakar, Senegal, pada Sabtu 19 Maret 2022 di mana Indonesia memperoleh 30 suara dari total 36 suara Dewan Gubernur (Board of Governors) World Water Council.

WWF ke-10 akan diselenggarakan di Bali. Adapun tema yang diangkat "Water for Shared Prosperity" untuk menjawab tantangan dan potensi global yang diakibatkan oleh peningkatan pertumbuhan penduduk dan urbanisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.