Sukses

Semaraknya Perayaan Cap Go Meh 2023 di Glodok Jakarta Barat

Perayaan Cap Go Meh 2023 makin meriah dengan adanya Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara yang diikuti puluhan Vihara dan Kelenteng dari berbagai kota administrasi Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Jakarta Cap Go Meh 2023 yang dihelat di kawasan Glodok, Jakarta Barat berlangsung meriah. Semarak perayaan terasa di sepanjang Jalan Pancoran hingga Gapura China Town.

Perayaan makin meriah dengan adanya Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara yang diikuti puluhan Vihara dan Kelenteng dari berbagai kota administrasi Jakarta.

Selain itu, sejumlah kegiatan pun sudah dilaksanakan sejak pagi hari dan bakal berlangsung hingga malam nanti.

Total ada 23 joli yang berasal dari 23 Vihara dan Kelenteng yang berbeda. Kali ini, Kelenteng Fat Cu Kung Bio menjadi tuan rumah. Arak-arakan kirab pun dimulai dari Kelenteng Fat Cu Kung Bio dari pukul 12.56 WIB.

Pantauan Liputan6.com, puluhan joli diarak satu per satu keluar dari halaman Sekolah Ricci menuju Pancoran China Town Point. Sepanjang kirab, masyarakat terlihat antusias berbasis menunggu joli yang dibawa.

Masing-masing joli juga dilengkapi aksesoris khas Cap Go Meh. Tiap joli membawa satu patung Dewa Kim Shin.

Selain itu, kirab juga dilengkapi dengan pertunjukan barongsai, naga, hingga kehadiran ondel-ondel.

Kemudian, sekitar pukul 15.00 WIB, arak-arakan kembali lanjut menuju Gapura dan berputar ke Vihara Dharma Bhakti untuk balik kembali ke tempat semula yakni Sekolah Ricci dan Kelenteng Fat Cu Kung Bio.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Untuk Perkuat Toleransi Antarumat Beragama

Ketua Pelaksana Jakarta Cap Go Meh Andre berharap perayaan Cap Go Meh tak hanya menjadi ikon wisata di Pecinan Glodok semata. Dia ingin agar perayaan Cap Go Meh memperkuat toleransi antarumat beragama di Jakarta.

"Jakarta Cap Go Meh adalah sebuah bagian daripada kegiatan festival di Jakarta dan menjadi ikon Pecinan karena Pecinan Glodok menjadi ikon pariwisata baru di Jakarta," kata Andre.

"Dan juga kita mendorong supaya kegiatan Jakarta Cap Go Meh ini menjadi ajang toleransi yang memang benar-benar dilakukan warga Jakarta," sambungnya.

Tak hanya kirab Toa Pe Kong, gelaran Jakarta Cap Go Meh 2023 di Glodok juga dimeriahkan dengan panggung budaya. Panggung budaya menampilkan pertunjukan wayang.

Panggung budaya itu dapat dijumpai di halaman Pancoran China Town Point yang berlokasi di Kelurahan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.