Sukses

Gempa Garut Magnitudo 4,3 Bersumber pada Zona Penunjaman dan Sesar Garsela

Gempa magnitudo 4,3 menggoyang wilayah Garut pada Rabu 1 Januari 2023 malam. Sejumlah rumah warga di Pasirwangi Garut dilaporkan roboh.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa magnitudo 4,3 menggoyang wilayah Garut pada Rabu 1 Januari 2023 malam. Sejumlah rumah warga di Pasirwangi Garut dilaporkan roboh.

Goyangan gempa Garut juga dirasakan warga di Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Sumedang.

Penyelidik Bumi Madya PVMBG Badan Geologi, Kementerian ESDM, Supartoyo menyatakan, ada dua sumber gempa bumi Garut. Yakni di laut yang berasosiasi dengan zona subduksi atau salah satu sumber gempa bumi utama di Indonesia yang disebut dengan zona penunjaman.

Kedua, potensi gempa dari patahan aktif di darat yang disebut dengan Sesar Garsela.

Dia menjelaskan wilayah selatan Garut terdapat zona subduksi yang saat ini sedang cukup aktif dibuktikan dengan adanya gempa pada 12 November lalu, kemudian terulang kembali pada 3 Desember 2022 yang mengakibatkan beberapa bangunan rusak ringan.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menuturkan, Sesar Garsela rata-rata kekuatannya kecil, bermagnitudo di bawah 5,0. Meski demikian, salah satu struktur sesar paling aktif di Jawa Barat ini dapat berpotensi menyebabkan kerusakan.

"Satu hal yang patut diwaspadai bahwa meskipun magnitudonya kecil, tetapi karena sangat dangkal maka dapat merusak. Banyak kasus gempa kekuatan di bawah 5,0 dan menimbulkan kerusakan," kata Daryono dikutip dari Merdeka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rata- Rata Magnitudo Tidak Melebihi 5

Menurut BMKG, gempa sering terjadi di zona Sesar Garsela namun magnitudonya rata-rata tidak sampai melebihi 5,0. Kendati demikian, guncangan akibat gempa di zona sesar itu seringkali dirasakan oleh masyarakat karena pusatnya sangat dangkal.

Sesar Garsela atau Sesar Garut Selatan merupakan satu dari beberapa sesar aktif di bagian selatan Jawa Barat. Dua segmen Garsela yakni segmen Kencana (selatan) sepanjang 17 km dan Rakutai (utara) sepanjang 19 km, keduanya sama-sama masih aktif.

Badan Geologi mengingatkan Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, maupun masyarakat tentang pentingnya mitigasi bencana agar terhindar dari risiko bencana karena daerah Garut rawan bencana alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.