Sukses

Didampingi Gibran, Prabowo Serah Terima Alat Penunjang Dinas Babinsa Koramil Solo

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto serah terimakan alat penunjang dinas, seperti motor dan alat komunikasi bagi bintara pembina desa (Babinsa) di Komando Rayon Militer (Koramil) Serengan 03 Solo.

Dalam seremoni serah terima tersebut, Prabowo didampingi oleh putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Gibran Rakabuming Raka yang menjabat sebagai Wali Kota Solo.

"Seluruh bintara pembina desa (Babinsa) Indonesia akan kita bekali dengan kendaraan motor dan alat komunikasi yang baru," kata Prabowo dalam kunjungannya ke Komando Rayon Militer (Koramil) Serengan 03 Solo, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (24/1/2023).

Prabowo mengatakan, komando teritorial adalah tulang punggung pertahanan. Oleh karena itu, pemerintah di bawah Presiden Jokowi mengarahkan dirinya selaku Menhan untuk memberdayakan seluruh Komando Teritorial di Indonesia.

Tak hanya itu, Prabowo juga mengungkapkan pemerintah bakal memperbaiki sejumlah kantor Komando Teritorial di seluruh Indonesia yang berarti seperti Kodam, Komando Daerah Militer (Korem), Komando Distrik Militer (Kodim), Koramil hingga Babinsa.

"Boleh negara lain punya senjata yang hebat-hebat. Senjata yang kita juga miliki adalah cintanya rakyat kepada republik ini," lantang Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tekankan Konsep Hankamrata

Sebagai informasi, Prabowo pada berbagai kesempatan selalu menekankan bahwa konsep pertahanan negara Indonesia adalah keamanan rakyat semesta (Hankamrata). Diketahui, Hankamrata adalah Komando Teritorial menjadi ujung tombak yang melahirkan Komponen Cadangan (Komcad).

Prabowo pun berbangga, sebab kali pertama dalam sejarah Indonesia, memiliki Komcad dalam pemerintahan yang dipimpin Pak Jokowi dan dirinya sebagai menteri pertahanannya.

"Kita wujudkan perintah Undang-undang dan Undang-undang Dasar bawa pertahanan kita adalah pertahanan seluruh rakyat," pungkas Prabowo.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS