Sukses

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Banten Sepekan ke Depan, Waspadai Hujan Lebat dan Petir

BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Banten terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem. Hal tersebut terjadi selama sepekan ke depan, 9 hingga 15 Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Banten terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem. Hal tersebut terjadi selama sepekan ke depan, 9 hingga 15 Januari 2023. 

Menurut Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II BMKG, Hendro Nugroho, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, indeks ENSO di wilayah Nino 3.4 mendukung peningkatan hujan di wilayah Indonesia. Suhu muka laut relatif hangat dengan nilai anomali berkisar antara +0.5 s/d +2.5 °C di wilayah Laut Jawa dapat meningkatkan potensi penguapan (penambahan massa uap air). 

Selain itu, kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Banten.

"Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 09 Januari - 15 Januari 2023 dapat terjadi di wilayah Banten," kata dia kepada wartawan, Senin (9/1/2023).

Berikut wilayah yang berpotensi cuaca ekstrem:

Tanggal 09 Januari 2023: Kab. Lebak bagian Selatan, Kab. Serang bagian Barat, Kab. Tangerang bagian Tengah dan Selatan, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

Tanggal 10 Januari 2023: Kab. Tangerang bagian Selatan, Kota Tangerang Selatan.

Tanggal 11 Januari 2023: Kota Serang, Kab. Serang bagian Timur, Kab. Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

Tanggal 12 Januari 2023: Kab. Lebak bagian Timur.

Tanggal 13 Januari 2023: Kab. Lebak bagian Utara.

Tanggal 14 Januari 2023: Kab. Lebak bagian Timur.

Tanggal 15 Januari 2023: Nihil

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada terhadap Bencana

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Banten

  • hujan lebat