Sukses

Diresmikan Jokowi, Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Habiskan Anggaran Rp4,8 Triliun

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang, Seksi Pekanbaru-Bangkinang di Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Rabu (4/1/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang, Seksi Pekanbaru-Bangkinang di Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Rabu (4/1/2023). Jokowi mengatakan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang menghabiskan anggaran sebesar Rp4,8 triliun.

"Sekarang dari Pekanbaru ke Bangkinang sepanjang 30,9 kilometer yang menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun hari ini juga segera akan kita resmikan," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (4/1/2022).

Dia menyampaikan bahwa jalan tol Pekanbaru-Dumai yang telah rampung memiliki kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi. Untuk itu, pemerintah akan menyambungkan jalan lingkar Dumai-Pekanbaru-Bangkinang dan akan disambung lagi sampai ke Padang.

"Jalan dari Pekanbaru sampai Dumai tolnya sudah selesai dan kita melihat traffic-nya juga sudah sangat bagus, sudah di atas 8.000," ujarnya.

"Kemudian nanti akan disambungkan lingkar Pekanbaru sehingga Dumai Pekanbaru Bangkinang akan sambung terus ke arah Padang. Selesainya Kapan? saya tidak bisa bicara karena memang masih panjang," sambung Jokowi.

Dia pun berharap agar keberadaan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang dapat mempercepat mobilitas orang, barang, dan jasa. Sehingga, kata Jokowi, bisa menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Provinsi Riau.

"Dan kita harapkan juga bisa menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru dan pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat," jelas Jokowi.

Sebagai informasi, Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang mulai berbayar pada Minggu 25 Desember 2022. Jalan tol ini telah dibuka sejak Oktober 2022 lalu tetapi masih gratis.

Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang ini memiliki panjang keseluruhan 31 km dilengkapi dengan 2 x 2 lajur, 1 (satu) Gerbang Tol (GT Bangkinang) dan 1 (satu) On Off Ramp Sungai Pinang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Tol Trans Sumatera

Jalan tol ini merupakan bagian dari koridor pendukung (feeder) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu manfaat lain dari jalan tol ini diharapkan mampu memperlancar jalur logistik bagi pelaku usaha serta memicu angka di sektor pariwisata.

Kehadiran Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang dapat menghubungkan akses dari Kota Pekanbaru menuju Kota Bangkinang dan dapat dilanjutkan perjalanan menuju ke Provinsi Sumatera Barat melalui Jalan Nasional.

Dengan adanya Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang, dapat memangkas waktu tempuh pengendara menjadi 30 menit dari semula 1 - 2 jam dengan kecepatan maksimal 80 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.