Sukses

Menko PMK Pastikan Penyeberangan Merak - Bakauheni Lancar

Selama ini, secara umum penyeberangan Merak - Bakauheni, Lampung berjalan lancar, meski ada insiden kecelakaan kendaraan terjatuh ke laut.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan arus balik dan arus mudik Natal dan Tahun Baru penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar.

"Dari malam tahun baru sampai sekarang belum ada tanda-tanda terjadi kenaikan lalu lintas dan dipastikan besok lusa," kata Muhadjir saat meninjau dermaga 2 Pelabuhan Merak, Minggu (1/1/2023), seperti dilansir dari Antara.

Selama ini, secara umum penyeberangan Merak - Bakauheni, Lampung berjalan lancar, meski ada insiden kecelakaan kendaraan terjatuh ke laut. Pergerakan penumpang arus balik dan arus mudik Natal dan tahun baru (nataru) belum terlihat lonjakan.

Namun, dipastikan besok lusa akan terjadi kenaikan lalu lintas penyeberangan Pelabuhan Merak. "Kami meyakini pelayanan arus balik dan arus mudik Pelabuhan Merak - Bakauheni relatif lancar dan aman," kata dia.

Menurut Muhadjir, pengamanan pelaksanaan perjalanan penyeberangan nataru khususnya Merak dan Bakauheni masih di bawah kapasitas sehingga tidak ada masalah. Akan tetapi, untuk persiapan menjelang Lebaran pengaturan lalu lintas dapat ditingkatkan tahun 2023.

Peningkatan itu,termasuk perbaikan rest area, sehingga antrian di Pelabuhan Merak tidak kelelahan menunggu kapal untuk diseberangkan menuju Bakauheni.

"Kami berharap rest area itu perlu ditingkatkan sehingga pemudik merasa nyaman dan langsung bisa naik ke atas kapal menuju Bakauheni," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Diperluas

Menko Muhadjir menyebutkan, untuk menampung ribuan kendaraan di dermaga eksekutif Pelabuhan Merak, rencananya akan diperluas penambahan kapasitas angkutan dan penumpang.

Selama ini, angkutan kendaraan dan penumpang pejalan kaki kebanyakan memilih dermaga eksekutif, karena merasakan kenyamanan. "Kita akan fungsikan angkutan penyeberangan dengan penambahan rest area di tol sehingga arus lalu lintas lancar pada angkutan lebaran dan nataru, " ujarnya.

Kunjungan ke Pelabuhan Merak Muhadjir juga didampingi pejabat Gubernur Banten Al Mukhtabar dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Letjen TNI Suharyanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.