Sukses

Infografis Pelancong Asal China Wajib Tes Covid-19 Saat Libur Tahun Baru 2023 di Sejumlah Negara

Kasus Covid-19 di China melonjak. Namun pemerintah China akan lebih membebaskan warganya bepergian untuk liburan Tahun Baru dan Imlek pada Januari 2023. Sejumlah negara pun mewajibkan pelancong asal China tes Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus Covid-19 di China melonjak. Namun pemerintah China akan lebih membebaskan warganya bepergian untuk liburan Tahun Baru dan Imlek mulai Januari 2023. Sejumlah negara pun mewajibkan pelancong asal China tes Covid-19 sebelum memasuki negerinya.

Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan. Italia sudah kena getahnya saat 2 penerbangan terpisah dari China mendarat di Milan, Italia. Hampir setengah dari penumpang dinyatakan positif Covid-19.

Pada penerbangan pertama, 35 dari 92 penumpang dinyatakan positif Covid-19. Sedangkan pada penerbangan kedua, 62 dari 120 penumpang positif terinfeksi virus corona. Penumpang yang positif Covid-19 telah diisolasi. Petugas pun telah meningkatkan upaya pelacakan kontak mereka.

Italia kemudian menetapkan kebijakan wajib tes Covid-19 bagi pelancong asal China sebelum memasuki Negeri Sepatu Boots. Kejadian ini membuat sejumlah negara mengikuti jejak Italia. Ada juga sejumlah negara yang mengawasi perkembangan lonjakan Covid-19 di China, namun belum menetapkan kebijakan serupa.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Belum ada kebijakan tes Covid-19 bagi pelancong asal China. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan atau Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyatakan tetap mengawasi pintu masuk negara demi mengantisipasi penularan Covid-19 dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri atau PPLN.

Negara mana saja yang mewajibkan pelancong asal China tes Covid-19 sebelum memasuki negerinya? Negara mana saja yang mengawasi perkembangan lonjakan Covid-19 di China, namun belum menetapkan kebijakan serupa? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Pelancong Asal China Wajib Tes Covid-19 di Sejumlah Negara

3 dari 3 halaman

Infografis Covid-19 Melonjak, China Bebaskan Warga Melancong, Italia Kena Getahnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.