Sukses

Pengerjaan Pintu Masuk Stasiun MRT Monas, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan

Liputan6.com, Jakarta PT MRT Jakarta akan melaksanakan konstruksi pintu masuk pertama Stasiun MRT Jakarta Fase 2A CP201, yaitu Entrance-1 Stasiun MRT Monas.

Dalam rangka mendukung pekerjaan konstruksi Entrance-1 Stasiun Monas CP201 tersebut, rekayasa lalu lintas diberlakukan mulai 15 Desember 2022 sampai dengan 31 Agustus 2024.

"Jalan Museum akan ditutup dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan selama masa pembangunan Entrance-1 Stasiun Monas MRT Jakarta berlangsung," tulis Plt Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Rendi Alhial dalam rilis resminya, Jumat (9/12/2022).

Kemudian, arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Medan Merdeka Barat akan dialihkan melalui Jalan Budi Kemuliaan.

"Adapun Manajemen Rekayasa Lalu Lintas tersebut telah dikoordinasikan dan disepakati dengan Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Ditlantas Polda Metro Jaya, dan PT Transportasi Jakarta," kata Rendi.

Rendi juga mengatakan, pihaknya telah memasang rambu lalu lintas, marka jalan, dan lampu penerangan jalan umum.

"PT MRT Jakarta memohon maaf atas ketidaknyamanan selama pekerjaan ini berlangsung. Kami mengharapkan pengertian dan kerja sama dari masyarakat untuk terus mendukung pelaksanaan proyek ini. Selain itu, kami juga berharap para pengguna jalan dan angkutan umum agar memperhatikan rambu-rambu serta mengikuti petunjuk petugas di lapangan," kata Rendi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tahapan Pengerjaan

Rendi Alhial mengatakan, entrance-1 ini berbatasan dengan Gedung Kominfo di sisi utara, Jalan Merdeka Barat di sisi Timur, Jalan Abdul Muis di sisi barat, dan sisi selatan berbatasan dengan Museum Nasional.

Pembangunan ini diawali dengan penyelesaian pekerjaan persiapan seperti test pits utilitas. Adapun pekerjaan dimulai dari 15 Desember 2022 sampai dengan 31 Agustus 2024, dengan tahap pekerjaan sebagai berikut:

- Tahap pekerjaan awal yang terdiri dari pembersihan lahan dan pengamanan utilitas bawah tanah;

- Pekerjaan launching shaft di Jalan Museum dan receiving shaft di sisi utara Monas;

- Pelaksanaan box jacking untuk membuat terowongan bawah tanah melalui proses pendorongan beton pracetak segmen per segmen ke dalam tanah dengan alat hydraulic jack;

- Pekerjaan reinstatement untuk mengembalikan area kerja ke kondisi semula sebelum pekerjaan konstruksi dimulai.

 

 

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS