Sukses

Jokowi Ungkap Alasan Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina di Pura Mangkunegaran

Liputan6.com, Jakarta - Prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono tidak digelar di gedung Graha Sabha Buana melainkan di Pura Mangkunegaran, Solo. Presiden Jokowi pun membeberkan alasan terkait lokasi pernikahan berbeda dengan pernikahan kedua kakaknya yang digelar di gedung milik keluarganya tersebut.

"Karena gedungnya kepakai," kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai mengikuti rapat terakhir persiapan prosesi Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina S Gudono di The Soga Eatery yang terletak di sebelah timur Ndalem Wuryoningratan, Minggu (4/12/2022).

Jokowi mengakui pihak keluarga kalah cepat untuk memesan tanggal untuk pernikahan Kaesang-Erina di Graha Sabha Buana. Pada tanggal tersebut, gedung serba guna milik keluarga Presiden Jokowi yang beralamat di Jalan Letjen Suprapto telah dipesan orang lain.

"Sepertinya kita kan punya gedung sendiri yang dulu apa, Mas Gibran dan Mbak Ayang (menikah) di situ tapi sudah dibooking masyarakat yang lain. Ya kita kan nggak bisa, masak harus mentang-mentang gedungnya sendiri langsung disuruh pindah harinya atau pindah gedung kan nggak bisa. Saya kira memang itu alasannya," jelas mantan Wali Kota Solo itu.

Pura Mangkunegaran akan digunakan sebagai tempat untuk penyelenggaraan prosesi tasyakuran resepsi pernikahan Kaesang dan Erina di Solo. Sebelumnya kedua calon mempelai akan menggelar prosesi ngunduh mantu di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung. Setelah itu mereka akan dikirab dengan kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran.

Resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran diperkirakan akan mengundang ribuan tamu undangan. Untuk menghindari terjadi penumpunan tamu undangan, Presiden Jokowi memastikan prosesi tersebut akan digelar selama dua sesi.

"Hanya siang dan malam. Nanti jam-jamnya akan diatur untuk manajemen, tinggal aliran beliau-beliau para tamu bisa mengalir," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jokowi Sebut Persiapan Pernikahan Kaesang dan Erina Sudah 99 Persen

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti rapat terakhir persiapan pernikahan anak ketiganya, Kaesang Pangarep dengan Erina S. Gudono di Ndalem Wuryoningratan di komplek House of Danar Hadi Solo pada Minggu (4/12/2022).

Berdasarkan hasil rapat tersebut, Jokowi menyatakan persiapan untuk prosesi pernikahan telah siap dilakukan.

Jokowi menghadiri rapat didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Sedangkankan Wali Kota Solo yang juga putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka datang terlambat dalam rapat persiapan akhir tersebut.

Selain Presiden Jokowi, rapat itu juga dihadiri Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjiatan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Rapat tersebut berlangsung lebih dari dua jam.

Usai mengikuti rapat tersebut, Presiden Jokowi pun membeberkan hasilnya. Mantan Wali Kota Solo itu mengungkapkan jika semua persiapan untuk prosesi pernikahan putra bungsunya, Kaesang dengan Erina Gudono telah siap.

"Persiapannya sudah 99 persen. Alhamdulillah, semuanya dipersiapkan dengan baik," kata dia kepada wartawan di resto The Soga Eatery yang terletak di sebelah timur Ndalem Wuryoningratan, Minggu (04/12/2022).

Menurut dia, dari hasil rapat terakhir yang diikutinya itu bahwa persiapan untuk prosesi akad nikah di Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022) telah siap. Setelah dari Yogyakarta, selang sehari berikutnya akan digelar tasyakuran resepsi pernikahan yang diadakan di Solo pada Minggu (11/12/2022).

"Keberangkatan untuk kirabnya dari Loji Gandrung ke Mangkunegaran. Nanti tasyakuran (Mangkunegaran) akan diadakan tanggal 11 Desember pagi sampai malam," sebutnya.

Dalam rapat persiapan terakhir itu, selain dihadiri keluarga Presiden Jokowi dan pejabat tinggi negara, juga hadir sejumlah vendor yang ditunjuk untuk menangani prosesi pernikahan Kaesang dan Erina baik yang di Yogyakarta maupun di Solo.

3 dari 3 halaman

Polisi Jamin Lalin di Solo Tetap Lancar Saat Resepsi Kaesang dan Erina

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono segera melepas status lajang pada 10 Desember 2022 mendatang. Resepsi dan acara ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu akan dilaksanakan pada keesokan harinya, 11 Desember 2022.

Kepolisian Daerah Jawa Tengah pun menjamin lalu lintas di Kota Solo tetap lancar. Pihaknya telah menyiapkan skenario rekayasa arus lalu lintas dan menyiagakan tim urai pada resepsi nanti.

"Kami menjamin pada seluruh rangkaian resepsi ngunduh mantu Kaesang-Erina, kelancaran arus di kota Surakarta tetap terjaga," kata Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes M Iqbal Alqudusy, usai mendampingi Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, dalam rapat Anev pengamanan, di Mapolresta Surakarta, seperti dilansir dari Antara, Minggu (4/12/2022).

Menurut dia, tim urai lalu lintas akan disiagakan di lima wilayah polsek yang ada di Polres Kota Surakarta.

Tim urai tersebut akan terhubung dengan Traffic Management Center (TMC) Polresta Surakarta yang akan menginformasikan titik-titik kemacetan yang membutuhkan pengaturan lalu lintas.

"Tim ini akan memantau perkembangan informasi dan siap membantu mengarahkan pengguna jalan bila terjadi crowded sehingga tidak menimbulkan kemacetan serius di jalan raya," kata Iqbal.

Menurut Iqbal, kepolisian pada saat rangkaian resepsi ngunduh mantu Kaesang-Erina nanti, menerapkan rekayasa lalu lintas terutama pada pelaksanaan kirab yang akan mengambil start di Loji Gandrung Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di Pura Mangkunegaran.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS