Sukses

BNPB: 11 Korban Gempa Cianjur Masih Dinyatakan Hilang

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan bahwa 11 korban gempa Cianjur Jawa Barat, masih dinyatakan hilang. Hal ini menyusul ditemukannya tiga jenazah sehingga jumlah korban meninggal dunia bertambah 321 orang.

"Sehingga di catatan kita semua berarti dengan ditemukan 3 (jenazah) ini sampai hari ini meninggal dunia menjadi 321 orang. Kemudian hilang kemarin disampaikan 14 (orang), ditemukan 3 (jenazah), berarti mashih ada 11 korban yang masih dinyatakan hilang," kata Suharyanto dalam konferensi pers di Youtube BNPB, Minggu (27/11/2022).

Sementara itu, 108 korban gempa Cianjur yang mengalami luka berat masih menjalani perawatan di rumah sakit. Mereka dirawat di rumah sakit di Kabupaten Cianjur dan beberapa dirujuk ke sejumlah rumah sakit provinsi lain.

"Ini di luar ada penyakit-penyakit setelah mengungsi. Ini sudah juga dievakuasi di fasilitas kesehatan-fasilitas kesehatan terdekat," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Pengungsian

Suharyanto mengatakan bahwa berdasarkan idenfifikasi Satgas Gabungan, total ada 305 titik pengungsian pascagempa Cianjur. Sebanyak 183 merupakan pengungsian terpusat dengan jumlah pengungsi diatas 25 orang

"142 titik-titik pengungsian mandiri di bawah 25 orang. Berhasil didata jumlah pengungsi 73.874 orang," jelas Suharyanto.

Selain itu, kata dia, tim gabungan sudah melakukan pendataan terkait rumah dan infrastruktur yang rusak akibat gempa Cianjur. Berdasarkan data sementara, rumah yang mengalami rusak berat ada 27.434.

"Sementara rusak sedang 13.070 rumah, rusak ringan 22.124 rumah sehingga totalnya 62.628 rumah. Infrastruktur sekolah 398, tempat ibadah 160, fasilitas kesehatan 14, dan gedung kantor 16," tutur Suharyanto.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    cianjur
  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa
  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).
    Gempa Cianjur
  • BNPB adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
    BNPB