Sukses

Menko PMK Sebut Data Korban Gempa Cianjur Belum Pasti: Sementara 162 Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan data saat ini terkait korban jiwa gempa Cianjur cukup banyak, yakni mencapai angka 162 orang.

"Telah menelan korban cukup banyak yang sampai saat ini, angkanya masih belum bisa dipastikan, untuk angka sementara 162 orang meninggal dunia," kata dia dalam rekaman suara yang diterima, Selasa (22/11/2022).

Muhadjir juga menyampaikan duka cita mendalam bagi semua korban gempa.

"Kami atas nama pemerintah mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya dan ikut prihatin mendalam terjadinya bencana di luar kehendak dari kita semua," ungkapnya.

Menurut Muhadjir, korban bencana termasuk gempa Cianjur adalah orang yang meninggal dan menjadi syahid.

“Semoga korban termasuk syahid dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” kata dia.

Selain itu, Muhadjir menyebut telah terjadi 122 kali gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat. Data tersebut merupakan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Gempa Susulan sudah beberapa kali, tapi gempa susulan ini semakin lemah. Berdasarkan perhitungan BMKG 122 kali, memang akan terjadi susulan, tapi semakin lemah dan berkurang," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Jangan Panik

Meski demikian Muhadjir meminta warga tidak terlalu panik katena gempa semakin melemah dan berkurang. “Warga jangan terlalu panik,” kata dia.

Selain itu, Muhadjir memastikan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten saat ini terus berkoordinasi. Posko terpusat pun sudah dibentuk dan hanya ada satu posko berada di kantor Bupati Cianjur.

"Dari pihak pemerintah, kabupaten maupun provinsi terus berkoordinasi. Adapun kebutuhan yg sudah disiapkan, BNPB memutuskan hanya ada satu posko," pungkas dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.
    Gempa
  • Muhadjir Effendy kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
    Muhadjir Effendy kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
    Muhadjir Effendy
  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).
    Gempa Cianjur
  • Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    cianjur
  • Menko PMK