Sukses

Satu Keluarga Tewas di Kalideres: Dugaan Polisi, 2 Jasad Inilah yang Meninggal Lebih Dulu

Polisi menyatakan waktu kematian satu keluarga yang ditemukan tewas dalam rumah di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat, berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta Polisi menyatakan waktu kematian satu keluarga yang ditemukan tewas dalam rumah di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat, berbeda-beda. 

Pernyataan tersebut berdasarkan keterangan yang diterima kepolisian dari dokter forensik. Dokter forensik menyebutkan, ada dua orang yang meninggal lebih dahulu.

"Itu kan (meninggal tidak bersamaan) keterangan dari dokter waktu kita kirim ke forensik. Jadi antara dua yang pertama sama yang dua terakhir," kata Kanit Reserse Kriminal Umum Polres Metro Jakarta Barat AKP Avrilendy saat dihubungi soal kasus satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta, Senin (14/11/2022).

Dia menerangkan, dua orang yang diduga meninggal pertama yakni Rudyanto Gunawan, dan K Margaretha Gunawan. Berikutnya disusul Budyanto Gunawan atau Dian.

Menurut dia, waktu kematian belum bisa dipastikan karena masih menunggu keterangan lebih lanjut dari dokter forensik yang menanggani.

"(Pertama) yang dua orang tua itu. Rudiyanto dan Margaretha. Baru yang dua. Kan dia (pemeriksaan) agak global aja enggak rinci sampai berapa harinya persis juga enggak terlalu rinci," ujar Avrilendy.

Namun, dia mengatakan, penyebab kematian masih belum bisa dibeberkan. Dia menyebut, penyelidikan masih berjalan.

"(Penyebab) belum bisa karena untuk penyebabnya kan belum bisa kita tunggu dokter forensik. kita belum bisa ambil kesimpulan," ujar Avrilendy.

Sebelumnya, Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati masih melakukan uji laboratorium forensik untuk mengungkap penyebab medis di balik kasus meninggal empat orang dalam satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat.

"Belum (selesai)," kata Kabid Yandokpol RS Polri Kramat Jati, Kombes Agung Widjajanto saat dikonfirmasi, Senin (14/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sulit

Agung menjelaskan bahwa proses uji laboratorium forensik dilakukan untuk melakukan pemeriksaan terhadap organ-organ dari tubuh korban masih dalam berproses.

"Untuk uji lab pada pemeriksaan jenazah meninggal tidak wajar, semua organ diambil sampel untuk diperiksa," kata Agung.

Agung mengatakan belum bisa menyampaikan waktu kapan pastinya dari hasil uji laboratorium forensik terhadap keempat jenazah. Karena tingkat proses uji laboratorium yang sulit akibat kondisi telah membusuk.

"Belum ada info. Karena tingkat kesulitan berupa kondisi pembusukan lanjut," ujarnya.

Adapun pengecekan dilakukan kepada keempat jenazah yaitu Rudyanto Gunawan (71); sang istri bernama K. Margaretha Gunawan (58); Adapun anak perempuan bernama Dian (40); terakhir Budyanto Gunawan (69) ipar dari Rudianto.

Karena masih dalam proses, Kabag Humas RS Polri Kramat Jati AKBP Wulan menuturkan pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari penyidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat terkait penyerahan jenazah.

"Kita menunggu konfirmasi keluarga (korban) dari penyidik," tutur Wulan.

3 dari 3 halaman

Akan Dikremasi

Jenazah empat orang yang tewas di Perumahan Citra Garden Satu Extension, Kalideres, Jakarta Barat dikabarkan akan diambil pihak keluarga dari Rumah Sakit (RS) Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (14/11/2022).

"Masih ada (jenazah di RS Polri) belum diambil keluarga, rencana hari ini," ujar Kabag Humas RS Polri Kramatjati AKBP Wulan saat dikonfirmasi.

Kendati demikian, Wulan belum bisa menyampaikan lebih lanjut untuk waktu tepatnya pengambilan jenazah oleh pihak keluarga. Sedangkan untuk proses autopsi sudah rampung sejak Jumat 11 November 2022.

"Kita tunggu dari penyidik Polres (waktu pengambilan). Untuk Visum sudah Jumat, tinggal ambil saja (jenazahnya)," ujar Wulan.

Berdasarkan pantauan di lokasi Gedung Instalasi Kedokteran Forensik, RS Polri Kramat Jati, sampai dengan sekitar pukul 10.00 WIB belum terlihat adanya anggota keluarga yang hadir untuk mengambil keempat jenazah.

Telah dikabarkan jika pihak keluarga akan melakukan proses kremasi terhadap keempat jenazah di Krematorium Cilincing, Jakarta Utara.

"Dari keluarga istri, Ibu Renny Margaretha. Semua itu yang ngurusin keluarga ibu Renny Margaretha, beserta adiknya," kata ketua RT 07 Asiung kepada wartawan, Sabtu 12 November 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.