Sukses

Jokowi Dinilai Lakukan Pembangunan Secara Seimbang

Menurutnya Jokowi telah sukses menghadirkan pemerataan infrastruktur di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memfokuskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai prioritas. Jokowi terus mendorong agar kompetensi dan kualitas generasi muda Indonesia semakin unggul.

Akademisi UIN Khas Jember Badrut Taman mengapresiasi keberpihakan Jokowi pada pembangunan SDM. Menurutnya, langkah Jokowi tersebut sangat penting untuk kemajuan bangsa ke depan.

“Sangat nampak jika Pak Jokowi memfokuskan pembangunan SDM sebagai prioritas. Program-program seperti mendorong transformasi digital dan kampus merdeka adalah beberapa contoh yang sudah dilakukan beliau,” ujar Badrut kepada wartawan, Minggu (13/11/2022).

Badrut menerangkan bahwa selain pembangunan SDM, Pemerintahan Jokowi juga mengebut infrastruktur. Menurutnya Jokowi telah sukses menghadirkan pemerataan infrastruktur di seluruh Indonesia.

“Kita harus mengakui bahwa pembangunan infrastruktur di era Pak Jokowi sangat masif. Bukan hanya di Jawa, tapi pembangunan berhasil direalisasikan di seluruh wilayah,” kata Badrut.

Lebih lanjut Badrut mengaku salut bahwa pembangunan infrastruktur dan SDM bisa diprioritaskan secara bersama. Sehingga ia optimistis masa depan bangsa akan semakin cerah.

“Saya pikir beliau (Jokowi) berhasil membangun Infrastruktur dan SDM secara berdampingan,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pacu Pertumbuhan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dinilai sukses memacu pertumbuhan ekonomi nasional melalui hilirisasi nikel. Langkah Jokowi tersebut mengundang apresiasi dari banyak pihak.

Pengamat Ekonomi dari Universitas Negeri Surabara (Unesa) Anang Kristyanto memuji langkah tegas Jokowi melakukan hilirisasi nikel. Menurutnya kebijakan tersebut mampu menciptakan daya tambah ekonomi bagi bangsa dan negara Indonesia.

Anang mengatakan, kebijakan tersebut dapat membuat Indonesia menjadi pemain utama dalam industri nikel. Menurutnya, apa yang sudah dilakukan oleh Jokowi harus didukung secara bersama-sama.

“Program-program Pak Jokowi soal hilirasi nikel harus kita dukung bersama, karena kita tidak ingin menjadi penonton. Kita harus menjadi pemain. Sehingga dapat menciptakan daya tambah ekonomi,” ujar Anang, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (6/11/2022).

Lebih lanjut, Anang melihat bahwa setiap kebijakan yang diambil Jokowi telah diperhitungkan dengan sangat matang, sehingga dapat menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Saat menggagas kebijakan, Jokowi selalu berpaku pada hasil analisa dan masukan dari seluruh stakeholder yang ahli di bidangnya. Langkah Jokowi tersebut pun diakui berhasil membawa perekonomian nasional tetap stabil hingga saat ini.

“Kebijakan Pak Jokowi saya kira semuanya tepat karena itu juga dipertimbangkan pada hasil analisis dan masukan dari seluruh stakeholder,” ucap Anang memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • SDM