Sukses

Top 3 News: Kerabat Ragu Isu Satu Keluarga Tewas di Kalideres Akibat Kelaparan

Liputan6.com, Jakarta - Penyebab satu keluarga di Kalideres, Jakarta Barat, tewas masih menjadi misteri. Sempat diduga karena kelaparan, hal ini pun mendapat tanggapan dari salah satu kerabat, yaitu Handoyo yang merupakan ipar dari salah satu korban.

Saat menjalani pemeriksaan untuk dimintai keterangan, dia mengaku kaget hingga munculnya isu tersebut. Menurut Handoyo, secara ekonomi, para korban terbilang keluarga yang berkecukupan. Bahkan menurut istri saksi, keluarga tersebut kerap memberikan bingkisan kepada kerabatnya. Berita mengenai bantahan kabar kelaparan ini paling banyak menyedot perhatian pembaca di kanal News Liputan6.com

Handoyo mengungkapkan, kakak iparnya, sehari-hari bekerja di kantor. Sementara, sang istri berjualan kue. Hal ini bisa diartikan korban bukan orang yanng mengalami kesulitan secara finansial, apalagi sampai tidak bisa makan seperti kabar yang beredar.

Untuk diketahui, ditemukannya satu keluarga tewas di Perumahan Citra Garden Satu Extension tersebut terjadi pada Kamis, 10 November 2022. Berawal dari laporan warga yang pertama kali mencium bau menyengat dari dalam rumah korban yang kemudian dilaporkan ke pihak RT setempat.

Sementara itu, dari hasil penyelidikan awal tidak ditemukan adanya luka akibat terkena benda tajam ataupun tumpul pada jasad korban.

Berita terpopuler selanjutnya adalah gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Garut, pada Sabtu, 12 November 2022. Terjadi pukul 20.18 WIB, lindu dilaporkan BMKG berkekuatan magnitudo 5,3.

Ada pun lokasi gempa terletak pada koordinat titik 8,18 LS dan 107,36 BT. Atau 122 kilometer barat daya Kabupaten Garut dengan pusat gempa berada di kedalaman 10 km.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu, 12 November 2022:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Kerabat Ragu Satu Keluarga Tewas di Kalideres Meninggal karena Kelaparan: Korban Suka Beri Bingkisan

Kerabat meragukan satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat karena kelaparan. Bukan tanpa alasan, Handoyo pun mengungkap latar belakang perekonomian para korban.

Empat orang jasad ditemukan di dalam rumah Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis 10 November 2022.

Handoyo merupakan salah satu ipar dari empat orang korban. Bersama istrinya Ris Astuti menjalani pemeriksaan di Polsek Kalideres, Sabtu (12/11/2022).

"(Ekonomi) biasa-biasa saja, yang saya tahu ibunya dulu jualan kue, bapaknya kerja kantor, tapi anaknya saya tidak tahu kerja apa lupa," kata dia di Polsek kalideres, Sabtu (12/11/2022).

Handoyo mengatakan, dia justru kaget kala mendengar isu korban meninggal akibat kelaparan.

"Kenapa dia tidak menghubungi saudara atau mungkin minta tolong tetangga tapi tidak ada sama sekali, sehingga kita juga kaget baru tahu kalau sampai begitu parahnya," ujar dia soal satu keluarga tewas di Kalideres itu.

Sementara itu, Ris Astuti menambahkan, para korban secara ekonomi tergolong cukup. Selama ini, Ris tak pernah mendengar para korban mengeluh tidak punya makanan.

Bahkan, waktu tinggal di Gunung Sahari mereka suka memberikan bingkisan kepada keluarga berupa makanan atau baju.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa M 5,3 Guncang Barat Daya Kabupaten Garut

Gempa bumi mengguncang barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (12/11/2022). Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,3.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa itu terjadi pukul 20.18 WIB.

"Info Gempa Mag:5.3, 12-Nov-22 20:18:45 WIB," info BMKG seperti dikutip Liputan6.com, Jakarta, Sabtu.

Pusat lindu itu terdeteksi di 8.18 LS dan 107.36 BT atau 122 kilometer barat daya Kabupaten Garut. Pusat gempa Garut tersebut berada di kedalaman 10 km.

Sebelumnya, pada pukul 19.29 WIB, gempa juga mengguncang barat daya Garut. Lindu tersebut berkekuatan magnitudo 4,9.

Pusat gempa berada di 119 km dari kabupaten itu.

"12 November 2022, 19:29:33 WIB. 8.14 LS - 107.35 BT. Pusat gempa berada di laut 119 km Barat Daya Kab Garut," tulis BMKG dalam laman resminya.

Gempa pukul 19.29 WIB itu dirasakan dalam Skala MMI II di Tasikmalaya, Sukabumi, Cianjur, dan Garut. Sementara dirasakan pada skala MMI I-II di Kabupaten Bandung.

BMKG memastikan, gempa itu tidak berpotensi tsunami. Namun masyarakat diimbau mewaspadai potensi terjadinya gempa susulan.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kerabat Satu Keluarga Tewas di Kalideres: Ibunya Dulu Jualan Kue, Bapaknya Pekerja Kantor

Hasil autopsi mengungkap tidak terdapat sisa makanan di jenazah satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. Namun, Handoyo, kerabat korban tewas di Perumahan Citra Garden Satu Extension itu mengatakan, perekonomian kakak iparnya tidak bisa dikatakan sebagai orang yang kesulitan finansial.

Meski, dia mengakui perekonomian mereka biasa-biasa saja.

"Kalau saya tahu biasa-biasa saja ya (ekonominya) yang saya tahu ibunya dulu jualan kue, bapaknya kerja kantor. Tapi anaknya saya tidak tahu kerja apa. Iya (enggak dibilang susah)," kata Handoyo, Jakarta, Sabtu (12/11/2022).

"Saya juga sudah lupa (kerja kantor dimana)," sambung dia.

Oleh karena itu, dia mengaku kaget saat mendapatkan kabar keluarganya meninggal dunia dengan kondisi tidak ditemukan makanan dan minuman dalam lambungnya.

"(Dugaan kelaparan) Kita justru kaget ya kalau memang dia tidak mampu, kenapa dia tidak menghubungi saudara atau mungkin minta tolong tetangga. Tapi tidak ada sama sekali, sehingga kita juga kaget baru tahu kalau sampai begitu parahnya," ungkap Handoyo.

 

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS