Sukses

Moeldoko Luncurkan Buku Berjudul M-Leadership, Berani Memimpin

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meluncurkan bukunya berjudul "M-Leadership, Berani Memimpin", Kamis 10 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meluncurkan bukunya berjudul "M-Leadership, Berani Memimpin", Kamis 10 November 2022.

Dia mengatakan, buku tersebut merupakan kombinasi kepemimpinan Militer, Bisnis, dan Sipil.

Konsep tersebut dihasilkan dari perjalanan kepimpinanannya saat menjadi Panglima TNI 2013-2015, menekuni dunia bisnis selepas pensiun, dan sebagai Kepala Staf Kepresidenan hingga saat ini.

"Di dalam ketiga dunia ini saya menemukan irisan penting, yakni efisiensi untuk memenangkan kompetisi dan berani untuk tak mau kalah dari yang lain," kata Moeldoko dikutip dari siaran persnya, Jumat (11/11/2022).

Dia menyebut model kepemimpinan M-Leadership berisi 3 M, yakni Move, Motivate, and Make A Difference. Moeldoko menjelaskan, move sebagai lompatan-lompatan penting untuk menggapai kemajuan.

Kemudian, motivate untuk melawan rasa takut pada diri para pemimpin. Sementara itu, make a difference berupa langkah-langkah inovasi yang bisa dilakukan secara nyata.

"Mengapa harus move dulu baru motivate, karena selama ini banyak pemimpin yang memotivasi tapi tidak bergerak. Bagi saya harus bergerak dulu dengan berbagai pertimbangan, baru setelah itu kita memotivasi dan membuat perbedaan," jelas Moeldoko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Referensi

Menteri Pertahanan 2009-2014 Purnomo Yusgiantoro menilai buku yang ditulis oleh Moeldoko bisa menjadi referensi dalam pembelajaran kepemimpinan di perguruan tinggi. Menurut dia, buku ini berisi konsep-konsep dasar kepimpinanan.

"Dan akan saya jadikan referensi mengajar leadership di Unhan," ucap Purnomo Yusgiantoro.

Purnomo menuturkan seorang pemimpin yang hebat, adalah pemimpin yang bisa memimpin dirinya sendiri. Hal itu, kata dia, dibuktikan oleh Moeldoko, dengan banyaknya prestasi yang dicapai baik saat menempuh pendidikan di Akademi Militer (Akmil) atau saat sudah bertugas.

Di mata Purnomo, Moeldoko merupakan sosok pemimpin yang tegas dan berani. Dia menceritakan bahwa Moeldoko berani merobohkan mercusuar negara tetangga yang mengklaim wilayah Indonesia.

"The Brave Man Make Decision, itulah pak Moeldoko," tutur dia.

Sebagai informasi, Buku "M-Leadership, Berani Memimpin" karya Jenderal TNI (Purn) Moeldoko berisi 267 halaman, dan terdiri dari 12 Bab. Buku dengan kata pengantar yang ditulis Hermawan Kertajaya ini, memuat pengalaman dan pemikiran Moeldoko soal kepemimpinan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.