Sukses

HUT ke-77 TNI, Atraksi Pesawat Tempur Hiasi Langit Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Peringatan HUT ke-77 TNI yang digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/10/2022), dimeriahkan oleh atraksi jet atau pesawat tempur. Pesawat tempur yang melintas di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta itu, menghiasi langit ibu kota.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, atraksi pesawat tempur ini disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Ibu Negara Iriana, dan Wapres Ma'ruf Amin. Mereka bahkan tersenyum dan memberikan tepuk tangan usai pesawat tempur itu melintas.

Adapun atraksi pesawat tempur pertama yakni, formasi fly pass pesawat tempur F-16 fighting falcon. Atraksi ini dipimpin oleh flight leader Mayor Penerbang Bambang Aulia Yudhistira.

Selanjutnya, penampilan trimatra flight dari helikopter yang membawa bendera merah putih ukuran 20 meter kali 30 meter. Atraksi ini melintasi langit depan Istana Merdeka Jakarta.

Kemudian, penampilan rider flight dan atraksi tim jupiter yakni, pasukan akrobatik TNI Angkatan Udara. Atraksi ini pun menutup rangkaian Upacara HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka Jakarta.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara HUT ke-77 RI. Dia menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada keluarga besar TNI yang terus menjaga kedaulatan bangsa, menjaga NKRI berdasarkan Pancasila, dan UUD 1945, serta melindungi seluruh tumpah darah Indonesia.

"Peliharalah kemanunggalan TNI dengan rakyat karena bersama rakyat TNI akan kuat. Ingatlah selalu sifat-sifat prajurit. Prajurit itu pantang menyerah, selalu tabah, selalu loyal, selalu tulus dan selalu rela berkorban untuk kejayaan dan kemajuan rakyat Indonesia dan NKRI," jelas Jokowi saat menyampaikan amanat.

Tampak hadir dalam Upacara HUT ke-77 TNI, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menko Polhukam Mahfud Md, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Lalu, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Ketua KPK Firli Bahuri, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional, Andi Widjajanto, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, hingga Kepala BSSN Hinsa Siburian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

HUT ke-77 TNI, Deretan Alutsista Dipamerkan di Depan Istana Merdeka

Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI dipamerkan di depan Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/10/2022). Alutsista itu dipajang dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, setidaknya ada delapan alutsista yang dipajang di depan Istana Merdeka Jakarta. Deretan alutsista itu antara lain, Meriam 155 MM Caesar milik TNI AD buatan Perancis. Kendaraan tempur ini memiliki spesifikasi teknis jarak tembak 38 kilometer dan daya hancur 50 meter.

Kemudian, MLRS RM 70 Vampire milik Marinir TNI AL. Kendaraan buatan Cekoslavina tahun 2016 ini memiliki jarak tembak 20 kilometer.

Selanjutnya, MPCV Multipurpose Combat Vehicle buatan Perancis yang memiliki jarak tembak hingga 6,5 kilometer. Kendaraan ini biasanya digunakan oleh Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) TNI AD.

Lalu, ada Radar MCP Mistral Kostrad TNI AD yang digunakan Arhanud TNI AD. Kendaraan ini buatan Perancis-Indonesia tahun 2016, dan memiliki radius 30.000 meter.

Selain itu, Oerlikon Skyshield yang digunakan Kopasgat TNI AU. Kendaraan buatan Swiss ini merupakan penangkis serangan udara jarak pendek dengan kemampuan jarak deteksi radar maksimal 32 kilometer yang berfungsi melindungi obyek vital dari gangguan serangan udara serta rudal berkecepatan tinggi.

Ada pula Meriam 155 MM Caesar Kostrad TNI AD buatan Perancis 2012. Kendaraan yang digunakan Armed TNI AD ini mempunyai jarak tembak 39 kilometer.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS