Sukses

Analisa Big Data, Popularitas Erick Thohir untuk Cawapres di Medsos Tertinggi

Nama Erick Thohir hampir mendominasi merata di seluruh provinsi di Indonesia. Kecuali di Jawa Timur yang bersaing dengan Khofifah Indar Parawansa.

Liputan6.com, Jakarta - Posisi calon wakil presiden (cawapres) Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir terus menjadi buah bibir di tengah masyarakat Indonesia. Tak terkecuali bagi netizen yang aktif di dunia maya.

Berdasarkan analisa big data dari Menara Digital, popularitas menteri andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut di media sosial merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan kandidat lainnya.

"Total perbincangan netizen dari semua sumber ada sebanyak 199.288 data. Terbanyak pertama diduduki oleh Erick Thohir dengan jumlah perbincangan 81.106," terang Pakar Digital dan Pengamat Media Sosial Menara Digital, Anthony Leong.

Seperti diketahui, riset big data dilakukan oleh Menara Digital selama kurun waktu 5 Januari - 5 April 2023. Riset big data terbaru dilakukan terkait perbincangan netizen mengenai elektabilitas para cawapres pada Pilpres 2024 mendatang.

Selama periode analisis tersebut, perbincangan netizen terdapat sebanyak 199.288 data. Di mana mayoritas membicarakan Erick Thohir sebagai cawapres di kontestasi demokrasi 2024 mendatang.

Dalam analisa ini, Menara Digital juga menyertakan kandidat cawapres lainnya seperti Sandiaga Uno, Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, dan Susi Pudjiastuti. Namun angka terkuat tetap dipegang oleh Erick Thohir di media sosial.

Jika dikonversi di dalam persentase, Erick Thohir mendominasi dengan 40,6 persen perbincangan di media sosial kemudian disusul oleh Sandiaga Uno 22,5 persen dan ketiga Muhaimin Iskandar 17,3 persen. Sedangkan di tempat keempat ada nama Agus Harimurti Yudhoyono 9,7 persen, kelima Khofifah Indar Parawansa 9 persen, dan keenam Susi Pudjiastuti 0,9 persen.

"Berdasarkan persentase tersebut Erick Thohir kokoh di puncak, kemudian disusul Sandiaga Uno," ujar Anthony.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merata di Seluruh Indonesia

Terakhir, Ia menjelaskan nama Erick Thohir hampir mendominasi merata di seluruh provinsi di Indonesia. Kecuali di Jawa Timur di mana Eks Presiden Inter Milan ini bersaing dengan Khofifah Indar Parawansa.

"Hasil riset kami juga menganalisa distribusi data provinsi perbincangan netizen terkait keenam kandidat. Posisi data perbincangan Erick Thohir hampir mendominasi di semua provinsi terkecuali di wilayah Provinsi Jawa Timur yaitu Khofifah Indar Parawansa," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini