Sukses

Rawat Budaya Nusantara, Nasdem Dorong RI Bawa Pulang Prasasti Pucangan dari India

Nasdem mendorong upaya pemulangan prasasti pucangan ke Indonesia dibahas dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dan PM India beberapa waktu mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem berkomitmen untuk terus menjaga dan merawat nilai-nilai kebudayaan nusantara, salah satunya dengan mendorong pemerintah membawa pulang Prasasti Pucangan dari India. Hal itu disampaikan oleh anggota DPR RI Fraksi Nasdem, Muhammad Farhan.

"Memastikan agar pemerintah bisa segera mengembalikan dua prasasti yang sangat penting untuk sejarah Indonesia yang terbengkalai di luar negeri," tutur Farhan dalam acara diskusi Harmoni Budaya Indonesia kepada wartawan, Jumat (9/9/2022).

Farhan menyebut, Nasdem akan terus mengawal dan mendorong pemerintah agar prasasti tersebut dapat dibawa kembali ke Indonesia, serta masuk dalam agenda pertemuan Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri (PM) India beberapa waktu mendatang.

Upaya tersebut turut mendapat perhatian khusus dari Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dan jajaran anggota Komisi X DPR RI.

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel turut membahas Badan Kebudayaan Partai Nasdem yang tidak hanya sekadar menjadi atribut pemanis jargon politik, namun menjadi objek yang menghidupi dan dihidupi kebudayaan.

Dia mengaku gelisah melihat perubahan nilai-nilai di masyarakat, saat film dan sinetron luar negeri menguasai layar kaca nasional.

"Kebudayaan merupakan salah satu harkat dan martabat bangsa yang harus dijaga," kata Rachmat Gobel.

Berbagai upaya pun ditempuh dalam rangka menjaga kebudayaan Indonesia. Dia pun mengingatkan agar semangat para insan televisi nasional dapat mencetak karya terbaik yang sesuai dengan nilai-nilai Indonesia melalui Panasonic Gobel Award.

"Aspek penting hadirnya Badan Budaya pada sebuah partai politik, yakni membentuk karakter dan nilai-nilai dengan perspektif kebudayaan yang lebih luas tidak hanya sekadar pementasan pertunjukan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prasasti Peninggalan Raja Airlangga

Untuk diketahui, Prasasti Pucangan merupakan peninggalan Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan di Jawa Timur yang dibawa Inggris untuk menjadi koleksi Royal Asiatic Society. Kini, prasasti tersebut menjadi koleksi Indian Museum di Kolkata.

Selain Prasasti Pucangan, ada juga prasasti tua dan berharga milik Indonesia yang dibawa ke Skotlandia oleh Lord Minto dan tengah diupayakan dapat dibawa pulang kembali ke Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.