Sukses

Hindari Calo, Kanwil Kumham Banten Buka Layanan Informasi Satu Pintu di Tangerang

Dalam pusat layanan informasi tersebut, disediakan barcode yang berisi link berbagai informasi mengenai berbagai pelayanan Kemenkumham.

 

Liputan6.com, Tangerang - Dalam upaya memberantas praktik calo, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kumham) Banten, membuka sistem layanan informasi satu pintu. Pelayanan itu terpusat di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang.

Bukan hanya percaloan yang diduga bisa terjadi di pelayanan Imigrasi, melainkan semua pelayanan Kemenkumham. Sistem layanan informasi tersebut dibuat untuk memberikan informasi yang akurat terkait segala prosedur dan aturan di layanan Kemenkumham.

"Misal ada tetangga yang belajar (narapidana) di Lapas dan Rutan, apa benar remisi bayar? Dan sebagainya, nanti kita kasih informasinya, kalau di luar itu maka itu menyalahi ketentuan," ujar Kakanwilkumham Banten, Tejo Harwanto, Kamis (18/8/2022).

Dalam pusat layanan informasi tersebut, disediakan barcode yang berisi link berbagai informasi mengenai berbagai pelayanan Kemenkumham, mulai dari informasi Keimigrasian hingga pengurusan perusahaan terbatas.

"Jadi bukan hanya Keimigrasian, tapi juga bisa informasi mengenai lapas, Rutan, izin perusahaan terbatas, hak paten, dan lain sebagainya," jelasnya.

Tejo pun meminta kehumasan dari seluruh satuan kerja Kemenkumham untuk berkolaborasi dengan media agar memberikan informasi tentang Kemenkumham bisa tersampaikan ke masyarakat luas. 

"Ini juga merupakan salah satu upaya memberikan informasi kepada masyarakat tentang tugas fungsi Kemenkumham wilayah Banten, dan kami membuka pintu lebar untuk memberikan informasi kepada media, karena masyarakat saat ini harus mendapatkan informasi yang cepat, tepat, obyektif, dan bertanggung jawab," ungkapnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikan 10 Paspor Gratis

Dalam kesempatan tersebut juga, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang memberikan 10 paspor gratis kepada masyarakat yang mengajukan.

Bahkan pada saat yang sama, komedian yang juga terkenal dengan konten 'Abah Komar' mendapat paspor gratis tersebut, padahal pengakuannya datang untuk perpanjang paspor.

"Abah dapat paspor gratis nih, rencana buat Umroh. Terima kasih pak," katanya. (Pramita Tristiawati)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.