Sukses

Hasto Sebut Peluang PDIP Berkoalisi dengan Parpol Pemerintah Besar

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) melalui Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto mengatakan, peluang PDIP berkoalisi dengan partai-partai yang saat ini mengusung Presiden Joko Widodo besar.

Tidak hanya dengan Gerindra-PKB, PDIP juga membuka peluang dengan koalisi Golkar.

"Tidak hanya dengan Gerindra PKB, PPP, kemudian dengan Golkar. Pendeknya dengan seluruh parpol yang mengusung Pak Jokowi," ujar Hasto ditemui saat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Partai-partai yang saat ini mendukung Presiden Joko Widodo punya hubungan yang dekat. Para ketua umum partai sering bertemu.

"Seluruh partai politik yang saat ini mengusung pemerintahan pak Jokowi kan di antara para ketua umum sering ketemu. Bersama dengan bapak presiden dengan kiai haji Ma'ruf Amin kami sering berdialog," ujar Hasto.

PDIP menghormati partai-partai pemerintah yang sudah membangun masing-masing koalisi. Seperti Gerindra dan PKB, dan Golkar, PPP, PAN membangun Koalisi Indonesia Bersatu.

PDIP punya skala prioritas yang berbeda untuk saat ini. Maka itu belum juga menentukan koalisi. Namun pada saatnya strategi PDIP ini akan bemuara ke penetapan calon presiden dan calon wakil presiden.

"PDIP punya strategi tersendiri tapi pada akhirnya seluruh kerja sama itu akan bermuara pada siapa yang menjadi calon presiden dan calon wakil presiden," kata Hasto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Soal PDIP Koalisi dengan Partai Lain, Puan: Tunggu Tanggal Mainnya

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani, mengaku akan segera bertemu dengan ketua umum partai politik.

"Secepatnya tunggu tanggal mainnya ya. Yang pasti Insya Allah saya akan ketemu dengan ketum-ketum parpol sesuai dengan penugasan yang ada di Rakernas PDIP," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022.

Ketua DPR RI ini belum menyebut dengan siapa PDIP akan bertemu dalam waktu dekat. Hanya ia pastikan safari politik itu akan dilakukan setelah hari kemerdekaan.

"Setelah tanggal 17 pasti nanti media akan diberi tahu," kata Puan.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS