Sukses

Infografis 24 Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 Lolos ke Tahap Verifikasi Administrasi, 16 Diperiksa Berkasnya

Total ada 40 parpol yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024. 24 di antaranya lolos ke tahap verifikasi administrasi. 16 lainnya masih diperiksa kelengkapan berkas pendaftarannya.

Liputan6.com, Jakarta - Total ada 40 partai politik atau parpol yang mendaftar sebagai peserta Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. 24 di antaranya lolos ke tahap verifikasi administrasi. 16 lainnya masih diperiksa kelengkapan berkas pendaftarannya.

Komisi Pemilihan Umum atau KPU telah menutup pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 pada Minggu 14 Agustus 2022 pukul 23.59 WIB. Komisioner KPU Idham Holik menyampaikan 24 parpol telah dinyatakan lengkap dokumen sampai pendaftaran ditutup.

Sementara terhadap 16 parpol lainnya, KPU masih melakukan pemeriksaan dokumen. KPU belum bisa memastikan kelengkapan dokumen 16 parpol. Jika berkas pendaftaran sudah dinyatakan lengkap, maka akan dibawa ke tahap verifikasi administrasi.

Ketua KPU Hasyim Asyari menegaskan, parpol yang dokumennya tidak lengkap, tidak akan dilanjutkan pada tahapan verifikasi administrasi sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengungkapkan ada 3 parpol yang hingga batas waktu ditentukan tidak melakukan pendaftaran. Ketiganya adalah Partai Damai Sejahtera Pembaharuan, Partai Mahasiswa Indonesia, dan Partai Rakyat.

Parpol apa saja yang berkasnya sudah lengkap dan lolos ke tahap verifikasi administrasi? Parpol apa saja yang masih diperiksa kelengkapan berkas pendaftarannya? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis 24 Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 Lolos ke Tahap Verifikasi Administrasi

3 dari 3 halaman

Infografis 16 Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2024 Diperiksa Kelengkapan Berkas Pendaftaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.