Sukses

Daftarkan Partai Ummat Ke KPU, Amien Rais: Kita Enggak Cari Musuh Lagi

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Syuro Amien Rais dan Ketua Umum Ridho Rahmadi memimpin langsung proses pendaftaran Partai Ummat sebagai peserta pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Usai mendaftar ke KPU, Amien Rais menawarkan misi partainya untuk menyadarkan anak-anak bangsa. Dia pun menyinggung mengenai kekuasaan yang zalim.

"Tawarannya itu kita ingin menyadarkan kepada anak-anak bangsa bahwa yang bisa melakukan kezaliman, total, kolosal, cegentik raksasa itu hanya negara," ucap Amien di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

"Karena negara punya aparat militer, aparat kepolisian, aparat inteligen, punya mesin birokrasi, punya uang dan lain-lain," sambungnya

Amien mengingatkan bahwa negara bisa menegakkan keadilan. Harapannya, pemerintah maupun negara tetap merujuk kepada Pancasila dan UUD 1945.

"Karena kalau pemerintah atau negara itu pimpinannya merujuk pada Pancasila, merujuk pada UUD 1945, merujuk kepada warisan adiluhung nenek moyang kita maka Insya Allah tidak mungkin akan menjadi katakanlah, oligarki, tidak mungkin itu," tuturnya.

Namun, mantan elite Partai Amanat Nasional (PAN) ini tidak ingin menyalahkan siapa pun dan mencari musuh. Sebab, apa yang terjadi di masa lalu sudah dilewati.

"Jadi kita tidak akan menyalahkan siapa pun. Sekarang kita melihat ke depan ya. What begun be begun yang sudah ya sudahlah gitu. Kita nggak mencari musuh lagi," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

6 Parpol Daftar ke KPU Hari Ini

Mengutip informasi siaran pers KPU, diketahui pada hari ke-12 terdapat 6 partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024 yang akan hadir ke Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat.

Mereka adalah, Partai Berkarya yang terdaftar hadir pukul 9.00 WIB, kemudian Partai Buruh pukul 13.00 WIB, Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) pukul 14.00 WIB, Partai Republik pukul 14.15 WIB, Partai Ummat pukul 15.00WIB, dan ditutup oleh Partai Indonesia Bangkit Bersatu pada pukul 16.00 WIB.

Pendaftaran partai politik menjadi calon peserta Pemilu 2024 adalah hal wajib yang dilakukan sebagai langkah pertama. Usai melakukan pendaftaran, partai-partai tersebut akan diperiksa kelengkapan dokumen yang dibawanya dengan data yang sudah diunggah di Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Usai data dan dokumen dinyatakan lengkap oleh KPU, partai-partai akan menjalankan proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. Kedua verifikasi ini adalah hal yang wajib kedua yang dilakukan partai sebelum sah menyandang status peserta Pemilu 2024.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS