Sukses

Infografis Lawatan Kenegaraan Jokowi ke 3 Negara Asia Timur

Presiden Jokowi memulai rangkaian kunjungan ke 3 negara di kawasan Asia Timur. Ketiga negara yang dianggap mitra strategis bagi Indonesia itu, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi 3 negara di kawasan Asia Timur. Ketiga negara di Asia Timur yang dianggap mitra strategis bagi Indonesia itu, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan.

Dengan pesawat Garuda Indonesia atau GIA-1, Presiden Jokowi beserta rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin sore 25 Juli 2022. Mereka tiba di Kota Beijing, China, malam harinya.

Sesuai agenda, lawatan kenegaraan Jokowi ke Asia Timur dimulai sejak Selasa 26 Juli hingga Kamis 28 Juli 2022. Selain Ibu Negara Iriana, Jokowi didampingi sejumlah menteri, yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Dalam kunjungan ke Asia Timur, Jokowi juga didampingi Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Luar Negeri atau Menlu Retno LP Marsudi. Keduanya lebih dahulu tiba di Beijing untuk mempersiapkan kunjungan Jokowi.

"Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20," ujar Menlu Retno LP Marsudi, Senin 25 Juli 2022.

Presiden Jokowi diagendakan bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara tersebut untuk membahas sejumlah isu. "Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan, hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut," Menlu Retno Marsudi menjelaskan.

Apa misi lawatan Jokowi ke 3 negara Asia Timur tersebut? Bagaimana ragam tanggapan kunjungan kenegaraan Jokowi kali ini? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Lawatan Kenegaraan Jokowi ke 3 Negara Asia Timur

3 dari 4 halaman

Infografis Agenda dan Misi Lawatan Jokowi ke 3 Negara Asia Timur

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Kunjungan Jokowi ke 3 Negara Asia Timur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.