Sukses

Disentil soal Kampaye Menteri, PAN: Zulkifli Hasan Hadir sebagai Ketua Partai

Yoga Mauladi menjelaskan, acara yang dihadiri Zulkifli Hasan merupakan acara partai. Acara tersebut merupakan pasar murah yang digelar PAN di Bandar Lampung.

Liputan6.com, Jakarta Lantaran diduga mengkampanyekan putrinya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan disorot membagikan minyak goreng kemasan Minyak Kita yang merupakan program Kementerian Perdagangan pada acara pasar murah yang digelar PAN.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menjelaskan, acara yang dihadiri Zulkifli Hasan merupakan acara partai. Acara tersebut merupakan pasar murah yang digelar PAN di Bandar Lampung.

"Acara itu hari Sabtu, di mana para pegawai ASN di pemerintahan libur. Acara itu bukan acara pemerintahan atau kementerian, tetapi itu acara partai," ujar Viva kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Zulkifli Hasan hadir sebagai Ketua Umum PAN, bukan menteri. Putrinya pun hadir selaku pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1.

Viva menuturkan, minyak goreng yang dibagikan ke masyarakat telah dibeli. Tidak didapatkan secara gratis.

"Minyak curah kemasan itu beli oleh Futri, tidak gratis. Dan dibagikan oleh Futri di daerah pemilihannya," katanya.

Viva menjamin Zulkifli Hasan tidak akan menyalahkan kekuasaannya sebagai menteri perdagangan. Ia mengatakan, Zulkifli merupakan orang yang taat pada rambu-rambu dan peraturan perundangan.

"Selaku ketua umum partai, Bang Zulkifli Hasan tentu mengerti dan memahami rambu dan peraturan perundang-undangan. Tidak akan abuse of power, menyalahgunakan kekuasaan sebagai menteri. Kegiatan partai dilaksanakan pada saat hari libur," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disentil Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua menteri untuk fokus bekerja. Kepala negara mengutarakan hal ini saat disinggung mengenai menteri yang berkampanye.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," ucap Jokowi di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7/2022).

Jokowi berharap harga minyak goreng curah bisa berada di kisaran Rp14 ribu atau di bawahnya. Dia sudah memberi tugas itu ke Mendag Zulkifli Hasan.

"Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek, karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Janji Zulhas

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meyakini tidak ada mafia minyak goreng. Hal itu ia sampaikan kepada awak media sebelum menghadiri sidang kabinet paripurna di Istana Negara Jakarta, Senin (20/6/2022).

“Saya kira tidak ada mafia. Ini kan ada kenaikan harga booming. Teman-teman punya CPO langsung jual cepat. Nah ada keterlambatan kita antisipasi,” kata politikus yang akrab disapa Zulhas ini. 

Menurut Zulhas, keterlambatan antisipasi tersebut berefek terhadap tingginya harga minyak goreng di pasaran. Dia pun memastikan dalam dua bulan ke depan harga minyak goreng dapat dinormalkan kembali.

“Mengapa minyak di pasar itu malah (tinggi harganya), saya sudah tahu sebabnya, sudah kita perbaiki, sudah ada jalan keluar. Sebulan dua bulan beres InsyaAllah,” katanya optimistis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.