Sukses

2 Warga Binaan Lapas Bulak Kapal Bekasi Ikut Sumbang Hewan Kurban

Dua warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bulak Kapal, Kota Bekasi, Jawa Barat, ikut menyumbang hewan kurban di momen Idul Adha 1443 H.

Liputan6.com, Jakarta Dua warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bulak Kapal, Kota Bekasi, Jawa Barat, ikut menyumbang hewan kurban di momen Idul Adha 1443 H. Keduanya merupakan warga binaan kasus narkoba.

"Di lapas ini kan saya baru menjalankan pidana, jadi saya dan keluarga ikut berbagi di lapas ini," ucap Januar Effendy, salah satu warga binaan penyumbang hewan kurban, Minggu (10/7/2022).

Pria 48 tahun itu menyumbang dua ekor kambing. Januar mengaku sangat senang karena ini adalah kali pertama ia menyumbangkan hewan kurban.

Jay (30) warga binaan lainnya juga ikut menyumbang tiga ekor kambing ke pihak Lapas Bulak Kapal. Ini merupakan kali kedua bagi Jay ikut berpartisipasi dalam kegiatan kurban.

"Kalau dari keluarga, menyumbang tiga ekor kambing untuk disumbangkan ke Lapas Bekasi, niatnya untuk berbagi dan ini tahun yang kedua," ujar Jay.

Seluruh hewan kurban tersebut diolah oleh pihak lapas dan kemudian dibagikan kepada seluruh warga binaan, yang berjumlah 1.932 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

13 Hewan Kurban

Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik, Kiki Oditya, mengatakan total ada 13 ekor hewan kurban, yang terdiri dari empat ekor sapi dan sembilan ekor kambing yang disembelih pihak lapas di peringatan Idul Adha.

Untuk proses pemotongan, pihak lapas ikut melibatkan 12 warga binaan. Mereka sangat antusias dilibatkan dalam kegiatan yang berlangsung setahun sekali itu.

"Dua orang warga binaan membantu memotong hewan kurban, selebihnya mereka membantu memotong menjadi kecil. Daging kita masak dulu di dapur, setelah matang, baru didistribusikan," tandas Kiki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.