Sukses

Jokowi Diagendakan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Besok, 10 Juli 2022

Selain Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin sejatinya juga diagendakan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Hanya saja, Wapres Ma'ruf menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi diagendakan akan melangsungkan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu, 10 Juli 2022 besok. Adapun waktu salat akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

"Iya beliau diagendakan (salat Idul Adha di Istiqlal)," kata Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah kepada Liputan6.com, Sabtu (9/7/2022).

Dia menyampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sejatinya juga diagendakan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Hanya saja, Ma'ruf menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah pada tahun ini.

"Wapres juga tapi beliau kan ikut rombongan haji tahun ini," ujar dia.

Sebelumnya, Masjid Istiqlal menyelenggarakan salat Idul Adha 1443 Hijriah tingkat kenegaraan pada 10 zulhijah 1443 H atau yang bertepatan pada Ahad, 10 Juli 2022. Masjid Istiqlal juga akan menggelar Gema Takbir pada malam Idul Adha.

"Masjid Istiqlal juga akan menyelenggarakan Gema Takbir pada malam Idul Adha 1443 Hijriah, yang bisa dihadiri oleh masyarakat secara langsung di lantai utama Masjid Istiqlal, ataupun disaksikan secara daring melalui YouTube Channel Masjid Istiqlal TV," jelas Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH Nasaruddin Umar, dikutip dari siaran persnya, Jumat 8 Juli kemarin. 

Nasaruddin mempersilahkan masyarakat untuk mengikuti salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Namun, dia mengingatkan masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Nasaruddin Umar menyampaikan Masjid Istiqlal juga akan melangsungkan ibadah kurban. Nantinya, daging kurban akan didistribusikan kepada yayasan yang sesuai data yang dimiliki.

"Insya Allah kami amanah dunia akhirat dalam mengelola dan mendistribusikan daging kurban yang sudah diberikan," ucap Nasaruddin Umar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imam dan Khatib Salat Idul Adha di Istiqlal

Terkait kapasitas jemaah salat Idul Adha 1443 H di Masjid Istiqlal, Kabid Penyelenggaraan Peribadatan Bukhori Sail Attahiri menuturkan penyelenggaraannya sama seperti saat Idul Fitri 1443 H yang lalu. Artinya, Istiqlal menyiapkan kapasitas 150.000 untuk jemaah.

Berikut petugas pelaksana salat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal:

1. Khatib: Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA (Ketua BWI Pusat), dengan tema “Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebhinekaan”

2. Imam: Ustadz H. Salim Ghazali, S.Ud.

3. Imam Badal: Ustadz H. Ahmad Husni Ismail, MA.

4. Bilal : Ustadz Ilham Mahmudin, S.Pd.

5. Bilal Badal: Ustadz H. Ahmad Achwani, S.Ag.

3 dari 3 halaman

Jokowi Ucap Belasungkawa atas Meninggalnya Shinzo Abe

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, Jumat (8/7/2022). Adapun Shinzo Abe wafat usai tertembak saat tengah berkampanye.

"Allow me to extend our deepest condolences on the tragic demise of former PM Abe Shinzo of Japan," kata Jokowi melalui akun Twitternya @jokowi, Jumat (8/7/2022).

Dalam cuitannya, Jokowi juga mengunggah fotonya bersama Shinzo Abe yang sedang berjabat tangan. Dia menyampaikan akan terus mengenang kontribusi Shinzo Abe dalam memperkuat kerja sama Indonesia-Jepang.

"We will always remember his contributions in strengthening RI-Japan cooperation," ucap Jokowi.

Dia juga mendoakan agar keluarga Shinzo Abe dan masyarakat Jepang diberi kekuatan dalam menghadapi masa sulit ini.

"May the family of PM Abe and the Japanese people be given strength in this difficult time," tutur Jokowi.

Sebelumnya, mantan PM Jepang Shinzo Abe meninggal dunia, setelah menjalani perawatan beberapa saat akibat luka tembak yang dideritanya.

Sejumlah media memberitakan Shinzo Abe meninggal dunia di usia 67 tahun, setelah sebelumnya mengalami gagal jantung. Kematiannya pertama kali dilaporkan oleh lembaga penyiaran publik NHK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • Pemerintah telah resmi menetapkan 1 Dzulhijah 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Jumat 1 Juli 2022.
    Pemerintah telah resmi menetapkan 1 Dzulhijah 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Jumat 1 Juli 2022.

    Idul Adha 2022

  • Salat Idul adha