Sukses

Tinjau Bedah Rumah Panggung di Medan, Jokowi Harap Kemiskinan Ekstrem Terentaskan

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi meninjau bedah rumah panggung di Kampung Belawan Bahari, Kota Medan Sumatera Utara, Kamis (7/7/2022). Dia berharap perbaikan kawasan tersebut dapat mengentaskan kemiskinan ekstrem.

Jokowi menyampaikan saat ini penataan rumah-rumah layak huni sudah mulai dikerjakan oleh pemerintah kota Medan. Menurut dia, ada tiga rumah panggung di Kampung Belawan Bahari yang mulai dikerjakan.

"Nanti pemerintah pusat akan kebagian penataan kawasannya. Jadi air bersihnya, sanitasi, jalan kampungnya, semuanya akan ditata biar lebih sehat, baik dan kita harapkan kemiskinan ekstrem yang ada disini juga bisa terentaskan," jelas Jokowi usai peninjauan dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (7/7/2022). 

Selain itu, kata dia, pemerintah juga akan membangun tanggul untuk mencegah apabila terjadi banjir rob. Hal ini mengingat kampung tersebut kerap diterjang banjir bandang.

"Nanti yang akan dibangun adalah tanggul, entar lagi, baru dalam proses lelang. Kalau sudah selesai lelang, langsung dijalan karena ini udah berpuluh tahun banjir rob disini dan tidak ditangani. Ini kita mulai," kata dia.

Seperti diketahui, Jokowi dan Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara selama dua hari sejak Rabu, 6 Juli 2022. Pada hari pertama kunjungan, Jokowi meninjau sejumlah infrastruktur yang ada di Kabupaten Nias.

Sementara pada hari kedua kunjungan, Jokowi dan Iriana mengunjungi Pasar Petisah, Kota Medan untuk membagikan sejumlah bantuan sosial bagi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan para pedagang.

Setelah itu, Jokowi meninjau Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) di Kampung Baru, Kota Medan, sekaligus berdialog dengan perwakilan petani sawit.

 

2 dari 2 halaman

Hadiri Harganas ke-29 di Medan

Selanjutnya, Jokowi bakal menghadiri Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tahun 2022 di Lapangan Merdeka. Jokowi secara resmi mencanangkan revitalisasi Lapangan Merdeka di Kota Medan.

Revitalisasi Lapangan Merdeka ini merupakan salah satu upaya Kota Medan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau _sustainable development goals_ (SDGs).

Jokowi dan Iriana direncanakan kembali ke Jakarta usai meninjau bedah rumah. Jokowi akan lepas landas ke Jakarta dari Pangkalan TNI AU Soewondo, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.