Sukses

Indonesia Dapat Bantuan 300 Unit Pendingin untuk Vaksin Covid-19 dari Jepang

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima bantuan hibah logistik berupa 300 unit alat refrigerator vaksin dari Pemerintah Jepang untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima bantuan hibah logistik berupa 300 unit alat refrigerator vaksin Covid-19 dari Pemerintah Jepang untuk mendukung program vaksinasi di Indonesia.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, fasilitas logistik tersebut menjadi salah satu penentu kesuksesan Indonesia dalam program vaksinasi Covid-19 yang telah bergulir selama 17 bulan terakhir.

"Ada yang bertanya kepada saya, kenapa Indonesia begitu sukses melaksanakan vaksinasi dalam 17 bulan mencapai 415 juta suntikan ke lebih dari 205 juta orang? Salah satunya adalah karena logistik," ujar Menkes Budi saat acara serah terima bantuan itu di JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara melansir Antara, Minggu (26/6/2022).

Budi menyebut, ketersediaan logistik berupa fasilitas penyimpanan vaksin bersuhu dingin telah berkontribusi sebesar 15 persen untuk persiapan negara dalam memenangkan peperangan menghadapi pandemi Covid-19.

"Selama masa perang menghadapi SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, sistem kesehatan di Indonesia telah diperkuat dengan pengadaan tempat penyimpanan vaksin rantai dingin berkisar minus 82 derajat Celcius yang ideal untuk negara tropis. Sehingga kami bisa melayani dan mendistribusikan vaksin ke 17.000 pulau dan 270 juta penduduk Indonesia," papar dia.

Budi memaparkan, tempat penyimpanan vaksin yang dimiliki Indonesia, di antaranya sebanyak 44 unit jenis ultra cold storage merupakan transaksi pembelian dari UNICEF melalui Fasilitas COVAX.

"Alat tersebut saat ini telah disebar ke 34 provinsi di Indonesia dan tersedia di PT Bio Farma Bandung, Jawa Barat," jelas Menkes Budi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jepang Puji Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasuki Kenji sempat memuji kepemimpinan Indonesia dalam Forum G20 bidang kesehatan.

Kanasuki Kenji mengatakan, pengadaan bantuan 300 unit alat refrigerator vaksin Covid-19 bertujuan untuk mendukung Indonesia dalam mewujudkan ketahanan sistem kesehatan global.

"300 unit refrigerator vaksin telah terdistribusi sejak dua hari lalu. Dan lebih banyak lagi yang akan datang tahun ini untuk memastikan vaksinasi Covid-19 di seluruh negara berjalan dengan baik," kata dia.

Ia mengatakan, vaksin Covid-19 merupakan kunci utama bagi negara dalam menghadapi tantangan pandemi melalui strategi pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons.

"Jepang mengalokasikan hampir 7 juta dosis vaksin untuk Indonesia. Pemerintah Indonesia saat ini telah memiliki ketersediaan vaksin yang aman untuk penduduknya," jelas Kanasuki Kenji.

Agenda serah terima donasi refrigerator vaksin dari Pemerintah Jepang di JICT Tanjung Priok turut disaksikan oleh Deputy Representative Operations UNICEF Indonesia Ismail Kamil.

 

3 dari 4 halaman

Update Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Vaksinasi Covid-19 terus dilakukan banyak pihak demi meningkatan imunitas masyarakat terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Dibandingkan kemarin, Kamis 24 Juni 2022, penambahan jumlah orang yang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 lebih tinggi. Berikut rincian tambahan vaksinasi Covid-19 di Indonesia hingga pukul 12.00 WIB, Jumat 25 Juni 2022:

Vaksinasi Dosis 1

Bertambah 53.486 - Akumulasi 201.350.232

Vaksinasi Dosis 2

Bertambah 123.200 - Akumulasi 168.784.174

Vaksinasi Dosis 3 atau Booster

Bertambah 372.281 - Akumulasi 49.916.092

Kementerian Kesehatan RI terus mengajak masyarakat yang belum melengkapi vaksinasi Covid-19 untuk segera mendatangi sentra-sentra vaksinasi. Terbukti, vaksinasi Covid-19 bisa mengurangi risiko fatalitas dan kematian bila terpapr virus SARS-COV-2.

Terlebih di tengah kenaikan kasus subvarian BA.4 dan BA.5, Satgas Covid-19 mengingatkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin dosis ketiga.

"Masyarakat perlu memahami bahwa divaksin booster merupakan semata-mata agar kita terutama kelompok berisiko lebih terlindungi dari penularan virus termasuk varian baru," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito.

 

4 dari 4 halaman

Stok Vaksin Covid-19 Indonesia Lebih dari Cukup

Sebelumnya, pada akhir Mei 2022 Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi booster untuk segera mendatangi pusat vaksinasi.

Dalam keterangan pers di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jokowi mengatakan bahwa stok vaksin Covid-19 yang dimiliki saat ini lebih dari cukuo.

"Stok vaksin Covid-19 untuk booster lebih dari cukup," kata Jokowi, Senin 30 Mei 2022.

Jokowi juga meminta masyarakat tidak pilah-pilih vaksin. Semua vaksin memiliki manfaat yang sama yakni melindungi diri bila terpapar virus SARS-CoV-2.

"Karena semua vaksin manfaatnya sama, untuk melindungi kita menghadapi pandemi Covid-19," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.