Sukses

APBD Disahkan, Jokowi Tak Blusukan Sendiri Lagi

Sejak awal menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) kerap blusukan menemui warga ibukota tanpa anak buah. Ternyata, alasannya karena APBD 2013 belum disahkan.

"Ini, dari Mendagri muncul, jegrak! Langsung saya gerakkan semuanya, manajemen organisasi yang ada untuk segera bergerak. Karena yang kemarin (blusukan) memang saya kosongan (tidak pakai APBD). Saya kerja kemana-mana itu kosongan loh, kosongan," ungkap Jokowi di Balikota, Jakarta, Selasa (29/1/2013).

DPRD DKI Jakarta telah mengetok Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta pada rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Jakarta, Senin kemarin. APDB 2013 yang disahkan itu mencapai Rp 49,9 triliun, meningkat Rp 3,1 triliun dari sebelumnya sebesar Rp 46 triliun.

"Kenaikan ini kita melihat situasi dan kondisi Jakarta yang berkembang, antara lain banjir, ditambah dengan macet. Penambahan sekitar Rp 3,1 triliun itu kita arahkan untuk mendukung program-program unggulan dari Pak Gubernur. Ini sangat besar artinya," kata Ketua DPRD Jakarta Ferial Sofyan.

Ferial mengungkapkan, disetujuinya tambahan Rp 3,1 triliun itu didasarkan pada adanya SILPA (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran). (Mut)