Sukses

29 Ribu Lebih Jemaah Haji Bakal Berangkat ke Tanah Suci dari Bandara Soetta

Sebanyak 29.221 calon jemaah haji asal DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 29.221 calon jemaah haji asal DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta. Puluhan ribu calon jemaah haji tersebut tergabung di dalam 73 kloter jemaah.

"Proses keberangkatan dilakukan sejak di Asrama Haji Pondok Gede, Asrama Haji Bekasi dan Asrama Haji Lampung," tutur Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Minggu (5/6/2022).

Di masing-masing asrama, jemaah haji menjalani proses keimigrasian, kesehatan dan pengecekan keamanan antara lain oleh Aviation Security. Sementara untuk masing-masing bagasi jemaah haji dilakukan proses Bea dan Cukai serta pengecekan keamanan oleh Aviation Security.

“Proses keberangkatan termasuk security check point untuk keberangkatan jemaah melalui Bandara Soekarno-Hatta dilakukan di asrama haji, didukung perlengkapan, fasilitas dan personel AP II,” ujar Awaluddin.

Setelah melalui proses keberangkatan di asrama haji, jemaah haji dengan bus menuju sisi udara (airside) Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta untuk kemudian menuju central koridor Terminal 2

Central coridor di Terminal 2 berkapasitas sekitar 900 - 1.000 orang jemaah haji sebagai tempat menunggu para jemaah untuk memproses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi melalui skema Makkah Route.

“Bandara Soekarno-Hatta adalah satu-satunya bandara di Indonesia yang dilengkapi fasilitas layanan dini pre-clearance kemigrasian Kerajaan Arab Saudi atau Makkah Route. Sehingga, jemaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci dapat menjalani proses keimigrasian Kerajaan Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta, untuk mempermudah jemaah saat kedatangan di bandara Madinah atau Jeddah,” jelas Awaluddin.

Fasilitas Makkah Route di Bandara Soekarno-Hatta dilengkapi 15 konter imigrasi Arab Saudi, yang dapat melakukan proses pre-clearance keimigrasian dalam waktu sekitar 60 detik untuk setiap penumpang pesawat/jemaah.

Setelah proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi usai, jemaah haji kemudian menuju boarding lounge untuk siap berangkat ke Tanah Suci dengan maskapai Garuda Indonesia atau Saudia.

Sementara, selain Bandara Soekarno Hatta, jemaah haji juga dilayani di empat bandara lain dibawah pengelolaan PT Angkasa Pura II. Seperti Bandara Kualanamu melayani keberangkatan jemaah haji dari Sumatera Utara sebanyak 10 kloter dengan jumlah 3.854 orang jemaah haji.

Lalu, Bandara Minangkabau melayani keberangkatan jemaah haji dari Sumatera Barat dan Bengkulu sebanyak 2.883 orang jemaah haji di dalam 8 kloter. Sementarsa, dari Indonesia bagian Barat atau Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh, melayani keberangkatan 6 kloter dengan 2.023 orang jemaah haji.

Terakhir, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II melayani keberangkatan 3.732 orang jemaah haji asal Sumatera Selatan dan Bangka di dalam 9 kloter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lepas Keberangkatan Jemaah Haji

Sebanyak 389 calon jemaah haji asal Kota Tangerang dilepas keberangkatannya di Masjid Raya Al-Azhom, Sabtu (4/6/2022). Pelepasan dilakukan oleh Wali Kota Tangerang, Arief R Wismanysah dan Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang sekaligus Kepala Staf Penyelenggara Ibadah Haji Kota Tangerang, Samsudin mengatakan, ada sebanyak 389 calon jemaah haji yang berangkat ke tanah suci di gelombang pertama ini.

"Ada 389 jemaah dan empat petugas yang menemani rombongan akan berangkat pada hari ini ke asrama haji Pondok Gede dan akan terbang ke tanah suci pada hari Minggu, 5 Juni," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, Kota Tangerang mendapatkan kuota haji pada tahun ini sebanyak 879 jamaah atau 48 persen kuota.

"Untuk tahun ini 879 jemaah, mudah-mudahan untuk tahun depan bisa 100 persen kuota kita terisi. Biasanya bisa 1.200 hingga 1.500 jemaah yang diberangkatkan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengungkapkan rasa bahagia dan bangga bisa mengantar langsung para tamu Allah SWT yang akan berangkat ke Tanah Suci.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya titip kepada para jemaah haji untuk bisa mendoakan Kota Tangerang, khususnya masyarakat Kota Tangerang dan Provinsi Banten senantiasa diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Dan kita semua mendoakan bapak ibu para Jamaah Haji, semoga Hajinya Mabrur dan semua hajat munajatnya dijabah oleh Allah SWT," tutur Arief

3 dari 3 halaman

Minta Doa

Arief mengungkapkan, Pemerintah Kota Tangerang selain memberikan dana hibah senilai Rp 1 miliar kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk operasional keberangkatan dan penjemputan jemaah haji, juga telah memberikan lahan seluas 4,1 hektare untuk pembangunan Asrama Haji di Kota Tangerang.

"Untuk itu doakan sebaik-baiknya doa, mudah-mudahan 2024 pembangunan Asrama Haji Kota Tangerang bisa terlaksana. Kalau bisa doanya tahun depan bisa mulai dibangun, agar tidak jauh-jauh harus ke Pondok Gede," ungkap Arief.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Banten Al Muktabar juga berharap kepada para jemaah haji untuk bisa melaksanakan ibadah dengan khusuk di Tanah Suci.

"Pergunakan kesempatan baik ini dan saya juga memohon menitipkan doa-doa untuk Provinsi Banten dan kesejahteraan masyarakat Banten untuk lebih baik," ujar Al Muktabar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.