Sukses

Airlangga Instruksikan Seluruh DPD Golkar Sukseskan Koalisi Indonesia Bersatu

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengintruksikan seluruh DPD Golkar seluruh Indonesia untuk menyukseskan kerja sama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

KIB merupakan koalisi yang dibentuk Golkar, bersama PAN dan PPP.

"Saya juga memberikan instruksi dan arahan untuk seluruh jajaran Partai Golkar untuk mengimplementasikan kerja sama tiga partai ini mulai dari tingkat nasional provinsi kabupaten kota kecamatan dan desa-desa," kata dia di kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Rabu (18/5/2022).

Menurut Airlangga, dengan kekuatan DPD, koalisi tiga partai ini akan mempunyai sebuah tim dan mesin pemenangan yang kuat. Menurutnya, koalisi ini mewakili unsur yang dibutuhkan untuk membangun Indonesia.

"Membangun Indonesia tidak bisa sendiri, membangun Indonesia harus bersama-sama. Kita ada unsur nasionalis, unsur Islam tradisionil yang diwakili PPP dan Islam modern diwakili oleh Partai Amanat Nasional," jelas dia.

Airlangga mengungkapkan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat pergi ke Kalimantan Barat disambut oleh pengurus Golkar Kalbar.

Dengan itu, kerja pengurus daerah sudah mulai bergerak untuk KIB. Dia bilang, tanggal 3 Juni nanti pihaknya akan melakukan halal bi halal di Jawa Barat yang akan mengundang ketiga partai tersebut.

"Sekarang tugas yang berat tentu kita mengimplementasikan kerja sama 3 partai politik ini," kata Airlangga.

 

2 dari 3 halaman

Ada Kecocokan

Di lain sisi, Airlangga mengungkapkan kecocokan partainya dengan PAN dan PPP yang tak lain adalah Koalisi Indonesia Bersatu. Menurutnya, ketiga partai ini memiliki kesamaan dan pengalaman.

"Tiga parpol ini memiliki kesamaan, yaitu sama-sama punya pengalaman di pemerintahan, di DPR, sama-sama punya pengalaman di MPR," kata dia.

"Kerja sama ini berbasis kesetaraan, maka partai Golkar, PAN, PPP sudah memenuhi persyaratan untuk mengajukan calon dalam pilpres," tambahnya.

Airlangga menyebut, pengalaman dalam mengisi pembangunan di Indonesia sudah didalami oleh tiga partai ini. Hal ini pun cocok dengan pembangunan di 2024.

"Ini sangat cocok dengan apa yang diharapkan Pak Presiden bahwa kita akan mengawal pembangunan sampai 2024 dan tentunya melanjutkan apa apa yang dilakukan dan yang baik untuk di periode selanjutnya," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Punya Pengalaman

Airlangga menambahkan, KIB merupakan koalisi yang akan melanjutkan pembangunan. Koalisi ini juga punya pengalaman menghadapi krisis 98, krisis 2008, dan penanganan pandemi Covid-19.

"Di sini akumulasi pengalaman diwakili tiga menteri perekonomian, Jerry Sambuaga, gumiwang dan yang satu akan jadi bahan teka teki. Tentu Tujuan kita menjadikan indonesia kaya makmur maju sejahtera. Tentunya hanya bisa didorong oleh para ahli dan partai yang berpengalaman," kata Airlangga.

"Jangan lupa golkar adalah partai tertua dalam perpolitikan. Dengan koalisi ini hamdalah kita bisa mempunya kursi yang diwakili 24 persen," tutupnya.

 

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com