Sukses

Anies Baswedan Berharap JIS Jadi Bangunan Multifungsi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Jakarta International Stadium (JIS) menjadi bangunan multifungsi. Selain sebagai fasilias olahraga, juga bisa menjadi objek wisata.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Jakarta International Stadium (JIS) menjadi bangunan multifungsi. Selain sebagai fasilias olahraga, juga bisa menjadi objek wisata.

Harapan tersebut disampaikannya saat menghadiri acara silaturahim Persija dengan Anies di JIS pada Sabtu (7/8/2022).

"JIS bisa disebut sebagai salah satu tempat kunjungan wisata baru di Jakarta bahkan banyak yang datang dari luar kota, khusus untuk ke sini," kata Anies.

Dia mengungkapkan, pernah menemui warga asal Aceh, Surabaya, dan Mataram sengaja datang ke Jakarta untuk melihat secara langsung kemegahan bangunan JIS. Kehadiran warga dari luar kota menurutnya sebagai indikasi bahwa JIS dapat memberikan pengalaman baru sekaligus inspirasi untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Kenapa saya sampaikan ini penting untuk sebagai wisata? Bukan semata-mata sebagai tempat berfoto, gedung ini dibangun dengan konsep green building, standarnya level platinum," kata Anies.

Level platinum, sebut dia, merupakan standar tertinggi sebuah bangunan berkapasitas besar. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berujar, Pemprov DKI tak ingin tanggung membangun sebuah bangunan dalam jangka panjang.

Dengan level platinum pada pembangunan JIS, memberi pesan bahwa bangunan tersebut di masa depan akan tetap ramah lingkungan.

"Kita hidup di masa depan dan gedung ini harus bisa di masa yang akan datang dirasakan sebagai gedung lintas waktu," kata Anies.

"Jadi, ini sebagai tempat wisata itu bukan semata-mata dipandang, tapi ini sebagai sebuah konsep ramah lingkungan," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Hanya Persija

Anies juga menyampaikan, komitmen Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi seluruh fasilitas olahraga di Jakarta, khususnya bagi klub sepakbola. Dia memberi contoh, Stadion Tugu di Jakarta Utara, sedang dalam proses renovasi.

"Kita semua bertahap, satu-satu dan di Stadion Tugu juga sedang proses renovasi, insya Allah semuanya akan difasilitasi," kata dia.

Anies menuturkan, JIS merupakan markas utama Persija. Namun, untuk klub di luar itu, tetap akan mendapatkan perhatian khusus dari Pemprov DKI Jakarta.

Yang jelas, dia berharap Pemprov DKI mampu menambah fasilitas-fasilitas olahraga yang layak di Jakarta.

"Kita sudah tahu bahwa ini akan jadi home based, dan kita ingin semua agar kesebelasan di Jakarta itu tumbuh berkembang," ucapnya.

"Nantinya, semua tempat itu bisa dimanfaatkan oleh semuanya karena kita berharap bahwa fasilitas seperti ini mudah-mudahan bisa lebih banyak lagi," harap Anies.

 

3 dari 4 halaman

Layak untuk Final Liga Champions Bahkan Piala Dunia

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan Jakarta International Stadium (JIS) layak menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola dunia di antaranya untuk final Piala Dunia.

"Singkatnya Jakarta Internasional Stadium layak untuk final Liga Champions, bahkan final Piala Dunia," kata Riza Patria melalui akun Instagram @arizapatria di Jakarta, Jumat (6/5/2022).

Ia menyebut beberapa indikator yang mendukung JIS di antaranya kapasitas 82 ribu kursi hingga atap yang mampu buka tutup (retractable roof).

Bahkan, lanjut dia, kecanggihan teknologi di atap JIS itu tidak dimiliki lapangan sepak bola yang menjadi markas klub bola dunia seperti Anfield yang menjadi kandang klub Liverpool dan markas Manchester United yakni Old Trafford dan stadion lainnya.

Saat ini, politikus Partai Gerindra itu sedang berada di London, Inggris untuk menjenguk putrinya yang sedang menempuh pendidikan tingkat lanjut di Universitas Newcastle.

 

4 dari 4 halaman

13 Tahun Setelah Penantian

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menilai Jakarta International Stadium (JIS) bukan sekadar lapangan sepak bola, tapi juga pematik untuk roda perekonomian di kawasan Jakarta Utara.

"Dengan dibangunnya JIS di kawasan Utara Jakarta kita berharap menjadi mesin penggerak, untuk menggerakkan perekonomian, untuk mendorong kemajuan, dan harapannya berdampak pada seluruh kawasan Utara Jakarta," kata dia seperti dikutip dalam saluran Youtube Anies Baswedan, Minggu (27/3/202).

Anies menjelaskan, sejak awal, pembangunan JIS diharapkan bisa menjadi motor penggerak peningkatan kesejahteraan bagi lingkungan sekitar. Karena itu, ia turut menyiapkan 130 unit rumah susun untuk tempat tinggal masyarakat di rel kereta api yang berdekatan dengan kawasan JIS.

Selain itu, ada urban farming agar masyarakat tetap menjalankan profesi seperti sediakala. Anies menerangkan, sebagian dari mereka dulunya bercocok tanam, bertani. "Jadi ketika JIS dibangun menjadi manfaat bagi masyarakat bukan justru menimbulkan problem," ujar Anies.

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.