Sukses

3 Hal yang Disampaikan Anies Usai Sholat Idul Fitri di JIS

Pada hari ini, Senin (2/5/2022), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama keluarga melakukan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS).

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Senin (2/5/2022), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama keluarga melakukan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS).

Dalam kesempatan itu, Anies menyampaikan sejumlah hal. Salah satunya menurut Anies, beberapa tahun Idul Fitri tidak ada perayaan akibat Covid-19. Menurut dia, untuk pertama kalinya pelaksanaan sholat Idul Fitri dapat dilakukan di JIS.

"Ini pertama kalinya, izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah membangun tempat ini dan menyiapkan untuk Sholat Id pada pagi hari ini," kata Anies di JIS, Senin (2/5/2022).

Anies berujar, penyelenggaraan Sholat Idul Fitri di JIS bisa menjadi momentum bersejarah.

"Alhamduillah Allah telah mengizinkan kita ini melaksanakan sholat Idul Fitri di tempat dan momen yang bersejarah ini. Ini adalah untuk pertama kalinya JIS digunakan untuk sholat Idul Fitri dan kita menjadi pribadi-pribadi pertama yang menggunakan tempat ini untuk bersujud di hadapan Allah," kata Anies.

Selain itu, menurut dia, dengan adanya Salat Idul Fitri yang dilakukan bersama masyarakat, jelas sebagai pertanda bahwa semua pihak telah berjuang untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

"Ini adalah kemengan setelah dua Idul Fitri tanpa kebersamaan tanpa perayaan besar karena perjuangan kita mengendalikan pandemi dan juga ini adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti akhirnya jakarta memiliki stadionnya sendiri yakni JIS," ucap Anies.

Berikut sederet hal yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai melakukan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ucapkan Terima Kasih

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama keluarga melakukan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) pada Senin (2/5/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu datang bersama istrinya Fery Farhati serta sang ibu Aliyah Rasyid.

Anies menyatakan beberapa tahun Idul Fitri tidak ada perayaan akibat Covid-19. Kata dia, untuk pertama kalinya pelaksanaan salat Idul Fitri dapat dilakukan di JIS.

"Ini pertama kalinya, izinkan saya mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah membangun tempat ini dan menyiapkan untuk Salat Id pada pagi hari ini," kata Anies di JIS.

Sementara itu, puluhan warga berdatangan ke Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijiriah, Senin (2/5/2022). Sejumlah warga ada yang datang sejak pagi dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Beberapa warga tampak langsung menuju lokasi salat yang telah ditentukan. Namun ada pula yang berswafoto untuk mengabadikan momen pertama salat di JIS. Sejumlah petugas juga langsung mengarahkan warga ke tempat yang disediakan.

 

3 dari 4 halaman

2. Sebut Sholat Idul Fitri di JIS Momen Bersejarah

Menurut Anies, ini untuk pertama kalinya penyelenggaraan salat Idul Fitri di JIS. Sehingga bisa jadi momentum bersejarah.

"Alhamdullah Allah telah mengizinkan kita ini melaksanakan salat Idul Fitri di tempat dan momen yang bersejarah ini. Ini adalah untuk pertama kalinya JIS digunakan untuk salat Idul Fitri dan kita menjadi pribadi-pribadi pertama yang menggunakan tempat ini untuk bersujud di hadapan Allah," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyatakan ucapan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah berkerja keras untuk membangun JIS dan menyiapkan penyelengaraan Salat Idul Fitri 1443 Hijiriah.

Selain itu, dengan adanya Salat Idul Fitri yang dilakukan bersama masyarakat, jelas sebagai pertanda bahwa semua pihak telah berjuang untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

"Ini adalah kemengan setelah dua Idul Fitri tanpa kebersamaan tanpa perayaan besar karena perjuangan kita mengendalikan pandemi dan juga ini adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti akhirnya jakarta memiliki stadionnya sendiri yakni JIS," ucap Anies.

 

4 dari 4 halaman

3. Singgung Janji Pembangunan JIS di Depan Jemaah Sholat Id

Terakhir, Anies menyatakan bahwa pembangunan JIS merupakan salah satu bentuk realisasi janjinya kepada warga Jakarta.

"Sebuah janji telah tertunaikan, Jakarta Internasional Stadium sebuah mahakarya yang dikerjakan oleh anak bangsa dan dikerjakan dalam suasana pandemi," kata Anies.

Dia berharap JIS bisa menjadi bangunan multifungsi yang tidak hanya diperuntukkan bagi kegiatan olahraga, namun juga perhelatan sosial hingga keagamaan.

"Kita inginkan dari awal agar tempat ini bisa multipurpose, punya banyak manfaat untuk kegiatan olahraga, kesenian, kebudayaan, sosial, keagamaan," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

"Hari ini bisa ditunaikan," ucap Anies Baswedan.

Dia juga berujar, bahwa pelaksanaan sholat Idul Fitri di JIS sebagai bentuk rasa syukur menggapai kemenangan setelah cukup lama berjibaku melawan pandemi Covid-19.

"Dua tahun tanpa perayaan besar. Ini adalah kemenangan setelah 13 tahun menanti Jakarta memiliki stadionnya sendiri JIS. Mahakarya atas kerja luar biasa anak negeri. Semoga stadion ini menjadi ladang pahala, ladang rezeki," ungkap Anies.

Anies mengajak warga DKI memanfaatkan momentum Idul Fitri untuk berkumpul dengan keluarga dan menikmati sajian khas Lebaran. Menurutnya, kumpul keluarga memiliki makna dan arti besar.

"Persatuan tidak datang dengan sendirinya. Selamat berkumpul selamat menikmati hidangan dengan keluarga tercinta selamat saling memaafkan. Selamat hari Raya Idul Fitri 1443 H, mohon maaf lahir dan batin," tutup Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.