Sukses

Presiden Jokowi Salat Id di Kompleks Istana Yogyakarta Bersama Kaesang Pangarep

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, berlebaran di Kompleks Istana Yogyakarta. Didampingi langsung oleh putra bungsunya, Kaesang Pangarep, ketiganya hadir untuk Salat Id pukul 06.28 WIB

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, berlebaran di Kompleks Istana Yogyakarta. Didampingi langsung oleh putra bungsunya, Kaesang Pangarep, ketiganya hadir untuk Salat Id pukul 06.28 WIB

Jokowi dan Iriana tampak mengenakan stelah putih dan bersarung batik. Tidak lupa peci dan sendal slop yang senada warna hitam. Sedangkan Kaesang, mengenakan stelan baju serba hitam dengan motif batik untuk sarungnya.

Presiden langsung menempati saf paling depan, sementara Ibu Iriana menempati tempat yang telah ditentukan bagi jemaah wanita di sebelah kiri.

Tepat pada pukul 06.35 WIB salat Idul Fitri pun dimulai. Bertindak selaku imam dan khatib dalam kesempatan tersebut yaitu Masmin Afif yang merupakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara itu, bertindak sebagai bilal adalah Abdul Rosyid, pengurus Masjid Darussalam Istana Yogyakarta. Turut mengikuti salat Idulfitri tersebut antara lain Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, dan Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto.

Selain itu hadir pula Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Erlin Suastini, Kepala Istana Kepresidenan Yogyakarta Deni Mulyana, Komandan Grup A Paspampres Kolonel Inf. Anan Nurakhman, dan Asisten Ajudan Presiden Kapten Inf. Mat Sony Misturi.

Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 2 Mei 2022. Hal ini didapat usai dua metode yang dilakukan, hisab dan rukiyat yang menyatakan telah melihat hilal.

"Informasi hitungan hisab telah dikonfirmasi dengan laporan sejumlah petugas Kemenag di daerah yang kita tempatkan di 99 tempat titik rukiyat di 34 provinsi di seluruh tanah air," kata Menteri Agama Yaqut Cholil saat jumpa pers daring, Minggu (1/5/20220).

Yaqut menambahkan, dari 99 titik ini ada yang melaporkan melihat hilal sebagaimana yang dilaporkan Direktur Bimas Islam dan Pembinaan Syariah. Oleh karena, sambung Yaqut itu dengan dua hal tersebut berdasarkan hisab posisi hilal seluruh indonesia sudah di atas ufuk dan hilal yang sudah terlihat.

"Maka secara mufakat sidang isbat menetapkan 1 syawal 1443 H jatuh pada hari Senin 2 Mei 2022," Yaqut menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antusiasme Masyarakat Salat Idul Fitri di JIS

Puluhan warga mendatangi Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1443 Hijiriah, Senin (2/5/2022) pagi. Sejumlah warga ada yang datang sejak pagi dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Beberapa warga tampak langsung menuju lokasi salat yang telah ditentukan. Namun, ada pula yang berswafoto untuk mengabadikan momen pertama salat di JIS. Sejumlah petugas juga langsung mengarahkan warga ke tempat yang disediakan.

Salah satu warga, Nurul Qomariah, datang bersama keluarga sejak pagi sekitar puku 05.00 WIB. Sebagai warga yang tidak mudik Lebaran, Nurul memilih salat Idul Fitri di JIS, meskipun jauh dari rumahnya.

"Momen setelah dua tahun pandemi, jadi dibela-belain salat ke JIS dari Cakung," kata Nurul kepada Liputan6.com.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan melaksanakan salat Idul Fitri di Jakarta Internasional Stadium (JIS). Bahkan Anies juga membuka festival tabuh beduk malam takbiran di JIS, Minggu (1/5/2022).

3 dari 3 halaman

Pengaturan Lalu Lintas

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan pihaknya telah melakukan pengaturan lalu lintas untuk mobilitas warga untuk melaksanakan salat Idul Fitri di JIS.

Yakni menyiapkan rute kedatangan atau kepulangan di JIS, serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk/keluar dan drop off transportasi publik.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off, baik itu di dalam area stadion, area parkir ITF, dan kantong parkir feeder. Ikuti arahan petugas di lapangan dan dimohon tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama," kata Syafrin dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.