Sukses

Antusiasme Warga Sholat Idul Fitri di JIS, Hotel Sekitar Lokasi Penuh

Untuk pertama kalinya, Pemprov DKI menggelar sholat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Grup WhatsApp komunitas ibu-ibu di Bekasi Selatan, Jawa Barat tiba-tiba ramai berdiskusi. Bukan soal isu berat yang dibahas, melainkan mencari teman untuk bisa melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 H di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kaum emak-emak ini selalu memantau segala informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan sholat Idul Fitri di JIS. Mereka tahu kapasitas kendaraan untuk parkir di Jakarta International Stadium tidak lebih banyak jika dibandingkan dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Rencana untuk memesan kamar hotel terdekat dari JIS menjadi pilihan alternatif bagi ibu-ibu yang tak ingin berpagi-pagi harus berangkat dari rumah. Apalagi rata-rata jarak tempat tinggal anggota grup WhatsApp tersebut dengan JIS sekitar 20 km.

"Harga hotel terdekat dengan JIS juga murah, jadi ibu-ibu cenderung mem-booking kamar ketimbang berangkat pagi," kata Umi Kulsum (29) saat berbincang dengan merdeka.com, Minggu (1/5/2022).

Ahyar (58) juga memiliki niatan untuk salat Idul Fitri di JIS. Ia bahkan meminta sang anak agar berangkat dari tempat tinggalnya di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan menuju JIS sejak pukul 3.00 WIB pagi. Khawatir, jika lalu lintas di sekitaran JIS tersendat karena ledakan jumlah jemaah sholat Idul Fitri di sana.

"Kalau kondisi lalu lintas sepi bisa saja 1 jam, cuma Salat Idul Fitri kan pagi banget," kata anak dari Ahyar.

Merdeka.com mencatat sedikitnya ada 5 hotel radius terdekat dari JIS. Yaitu Front One Cabin Sunter, Reddorz ITC Cempaka Mas, 101 Urban Jakarta Kelapa Gading, Asyana Kemayoran Jakarta, dan Coins Hotel Indonesia. Harga per malam dari daftar hotel tersebut berkisar Rp180.000-Rp400.000.

Front One Cabin Sunter merespon permintaan booking merdeka.com dan menyatakan bahwa hanya tersisa 2 kamar kelas pertama dengan harga Rp260.000 per malam.

"Hanya tersisa 2 kamar di tipe first class saja bed besar rate Rp260.000 per malam," demikian keterangan front office hotel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hotel di Sekitar JIS Sudah Penuh

Sedangkan seluruh kamar di hotel Asyana Kemayoran Jakarta, yang berjarak 4,3 km dari JIS, telah penuh. Seluruh tipe kamar tak tersisa untuk tanggal pemesanan periode 1-2 Mei.

"Maaf untuk hari ini full booked," kata petugas Asyana Kemayoran.

Nasib beruntung untuk mendapatkan hotel di sekitaran JIS masih berpihak Syahira. Pegawai swasta tersebut merupakan warga Bandung. Namun, setiap tahun keluarganya merayakan lebaran di Jakarta. Bertepatan dengan izin malam takbiran dan salat Idul Fitri skala besar, keluarganya memutuskan melaksanakan salat Idul Fitri di JIS.

Sejak Jumat (29/4) orang tua Syahira berjibaku mencari kamar di beberapa hotel di sekitar JIS. Namun, pemesanan kamar untuk 1 Mei semua hotel ludes.

"Aku dapat di Holiday Inn Kemayoran, tapi itu pun cuma dapat 1 kamar saja," kata Syahira.

Antusias masyarakat untuk melaksanakan ibadah salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium, seiring dengan pemberitahuan sekaligus ajakan dari Pemprov DKI Jakarta untuk salat Ied berjamaah di stadion tersebut.

Melalui akun Instagram @DKIJakarta, Pemprov DKI bahkan menyampaikan informasi secara detil mengenai kantung-kantumg parkir sekaligus alur jamaah laki-laki dan perempuan saat salat nanti.

Pemprov DKI bahkan mengimbau agar bagi jamaah yang hendak melaksanakan salat Idul Fitri di JIS agar memanfaatkan transportasi publik.

Pemprov juga berkolaborasi untuk perjalanan jamaah dari dan ke JIS dengan Blue Bird Group diskon Rp15.000 Go-jek 99 persen, Grab 95 persen. Transjakarta bahkan menggratiskan biaya perjalanan bagi jamaah di 12 titik halte.

3 dari 4 halaman

12 Titik Bus Transjakarta Gratis Menuju JIS

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menyiapkan 12 titik layanan bus gratis pulang pergi bagi penumpang yang akan melaksanakan Sholat Idul Fitri 1443 H/2022 M di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, besok Senin (2/5/2022).

"TransJakarta mengoperasikan armada bus menuju JIS," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, seperti dilansir Antara, Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

Sementara itu, berdasarkan informasi dari TransJakarta yang diunggah melalui akun instagram @pt_transjakarta, Sabtu menjelaskan bahwa ada dua jadwal keberangkatan bus gratis jelang pelaksanaan Salat Idul Fitri di JIS, yaitu pukul 05.10 WIB dan 05.20 WIB dari masing-masing titik keberangkatan.

Adapun sebanyak 12 titik layanan gratis bus TransJakarta bagi penumpang yang akan Sholat Id di JIS meliputi rute sebagai berikut:

1. Rute JIS3 Harmoni-JIS

2. Rute 14 Terminal Senen-JIS

3. Rute 10K Terminal Tanjung Priok-JIS

4. JAK.77 Terminal Tanjung Priok-Jembatan Item

BUMD DKI Jakarta ini juga menyediakan layanan gratis bus TransJakarta pulang pergi di lokasi keberangkatan yang sudah ditentukan yakni:

5. Depan Kantor Walikota Jakarta Utara

6. Depan Hotel Arcici Jalan Raya Plumpang Semper

7. Depan Pom Bensin Jalan Raya Plumpang Semper Gapura Kelurahan Tugu Selatan

8. Depan Jakarta Islamic Centre Jalan Kramat Jaya

9. Depan RSUD Koja

10. Depan Kantor Damkar Dekat lampu Merah Permai

11. Depan Kantor Kecamatan Penjaringan

12. Jalan Maritim Raya Kampung susun Aquarium RT 12 RW 04 Penjaringan di depan Meseum Bahari.

Setelah melaksanakan Shalat Idul Fitri, jemaah juga dapat menggunakan layanan yang sama untuk kembali ke titik awal keberangkatan.

Pemprov DKI mengimbau jemaah untuk menggunakan transportasi umum mengingat keterbatasan lahan parkir.

4 dari 4 halaman

Gelar Festival Bedug di JIS

Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov DKI) Jakarta akan menghadirkan rampak bedug dari lima wilayah kota administrasi dan kabupaten untuk memeriahkan Festival Bedug yang akan diselenggarakan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Minggu (1/5/2022).

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana menyatakan kegiatan Festival Bedug tersebut merupakan bentuk dukungan untuk kemeriahan malam takbiran.

"Kelompok khusus penabuh beduk dihadirkan dan dilatih secara disiplin oleh seniman Betawi, Atien Kisam, untuk menampilkan keselarasan irama pada 30 beduk yang telah disiapkan," kata Iwan dalam keterangan tertulis, Minggu (1/5/2022).

Untuk lokasi festival, lanjut Iwan, akan dipusatkan di ramp barat JIS pada pukul 19.30 WIB hingga 22.00 WIB.

"Harapannya, selain ikut menyemarakkan Lebaran di Jakarta, kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat persaudaraan dan persatuan di Hari Kemenangan," jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya akan menyelenggarakan Salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Hal tersebut disampaikan oleh Anies melalui unggahan video di akun Instagram @aniesbaswedan.

"Jakarta International Stadium siap menyambut jemaah Salat Idul Fitri pada 1 Syawal nanti," kata Anies dalam unggahan tersebut.

Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta Aceng Zaini menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melaksanakan Sholat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara. JIS dapat menampung 8.000 jemaah.

"Kalau Pak Anies pastinya datang pas Sholat Idul Fitri," ucap Aceng saat dihubungi, Kamis, 21 April 2022.

 

Reporter: Yunita Amalia

Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.