Sukses

Menlu: 133 WNI Telah Dievakuasi dari Ukraina, 23 Pilih Bertahan

Dari 133 itu, rinciannya 80 orang dievakuasi ke Indonesia dengan pesawat, 5 orang telah dievakuasi ke Bucharest, dan 34 orang telah dipulangkan melalui beberapa gelombang.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, total Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah di evakuasi dari Ukraina sebanyak 133 dari jumlah 165 orang. 133 WNI itu telah dievakuasi dengan selamat.

"Perhari ini semua WNI yang ingin dievakuasi telah di evakuasi dan telah tiba dengan selamat jumlah total WNI di Ukraina adalah 165 orang, jumlah WNI yang telah keluar dari Ukraina adalah 133 orang," kata Retno saat rapat dengan Komisi I DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Dari 133 itu, rinciannya 80 orang dievakuasi ke Indonesia dengan pesawat, 5 orang telah dievakuasi ke Bucharest, dan 34 orang telah dipulangkan melalui beberapa gelombang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

23 WNI Memilih Bertahan

Kemudian, 12 orang melakukan evakuasi mandiri ke berbagai negara dan 2 orang yang tidak lapor telah dikonfirmasi berada di Indonesia.

"Masih terdapat 23 WNI yang memilih tinggal di Ukraina, 23 orang memilih tinggal dengan berbagai alasan pribadi termasuk alasan keluarga, sisanya adalah staf KBRI," ungkap Retno.

"Evakuasi dari medan perang di Ukraina merupkan evakuasi yang paling berat yang harus dijalankan," ujar dia.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.