Sukses

6 Fakta Terkait Insiden Will Smith Tampar Chris Rock di Panggung Oscar 2022

Will Smith menjadi perhatian publik saat gelaran Piala Oscar 2022, Senin 28 Maret 2022 waktu Indonesia di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Will Smith menjadi perhatian publik saat gelaran Piala Oscar 2022, Senin 28 Maret 2022 waktu Indonesia di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat.

Bagaimana tidak, peraih penghargaan Aktor Terbaik lewat aktingnya di King Richard itu menampar wajah presenter Chris Rock di atas panggung.

Dilansir dari Variety, peristiwa tak terduga ini dimulai saat Chris Rock membuat lawakan soal istri Will Smith, Jada Pinkett Smith. Wanita tersebut disebut tampil di "G.I Jane" karena rambutnya yang plontos.

Seperti diketahui, Jada Pinkett Smith selama ini terbuka dengan kondisinya yang mengalami kerontokan rambut parah hingga akhirnya ia memangkas habis mahkotanya.

Setelah ucapan ini, Will Smith langsung naik ke atas panggung. Tanpa ragu, ia langsung memukul wajah Chris Rock, yang sempat sedikit menghindar.

Saat menerima piala, Will Smith sempat mengucapkan permintaan maaf kepada The Academy dan rekan aktor, meski tak menjabarkan soal insiden pemukulan ini maupun menyebut nama Chris Rock.

"Aku ingin minta maaf kepada The Academy. Aku ingin minta maaf kepada rekan-rekan sesama nomine. Ini adalah momen yang indah dan aku tidak menangis karena memenangkan sebuah penghargaan," kata Will Smith, Senin 28 Maret 2022.

Berikut sederet fakta mengenai insiden antara Will Smith dengan Chris Rock di panggung Piala Oscar 2022 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kronologi Penamparan, Chris Rock Singgung Istri Will Smith

Aktor terkenal Will Smith jadi sorotan di acara Oscar 2022. Sorotan tersebut bukan karena ia menang penghargaan aktor terbaik, melainkan karena reaksi agresifnya terhadap humor dari pembaca acara Chris Rock.

Awalnya, Chris Rock membuat humor tentang rambut dari Jada Pinkett Smith. Wanita berusia 50 tahun itu mengidap alopecia.

Penyakit alopecia adalah sejenis penyakit autoimun. Dampak penyakit itu adalah membuat rambut rontok hingga botak.

Will Smith awalnya tampak ikut tertawa ketika Chris Rock melancarkan humornya. Namun, Jada tampak tidak suka dengan humor tersebut.

Beberapa saat kemudian, Will Smith naik ke panggung Academy Awards. Chris Rock tidak bergerak ketika Will Smith mendekatinya.

Peristiwa penamparan terjadi cukup cepat. Will Smith menampar dengan tangan kanannya, lalu berjalan pergi. Saat itu, penonton masih terdengar tertawa, Chris Rock juga merespons dengan candaan.

"Wow, Will Smith menampar wajahku," ujarnya. Penonton lanjut tertawa.

Ketika kembali duduk, Will Smith berteriak agar Chris Rock tidak membawa-bawa istrinya.

"Jangan sebut nama istriku dari mulut keparatmu," teriak Will Smith.

Chris Rock merespons bahwa dia sudah ingin melakukannya. Will Smith kemudian kembali meneriakan hal serupa. Ekspresi Lupita Nyong'o yang duduk di dekat Will Smith tidak tampak menunjukkan banyak ekspresi ketika Will Smith berteriak.

 

3 dari 7 halaman

2. Will Smith Sampaikan Maaf saat Terima Penghargaan

Saat menerima piala, Will Smith sempat mengucapkan permintaan maaf kepada The Academy dan rekan aktor, meski tak menjabarkan soal insiden pemukulan ini maupun menyebut nama Chris Rock.

"Aku ingin minta maaf kepada The Academy. Aku ingin minta maaf kepada rekan-rekan sesama nomine. Ini adalah momen yang indah dan aku tidak menangis karena memenangkan sebuah penghargaan," kata dia.

"Seni mengimitasi hidup. Aku kelihatan seperti ayah yang gila, seperti yang mereka bilang tentang Richard Williams," sambung Will Smith sembari menangis.

Will Smith lantas menceritakan bahwa Richard Williams adalah orang yang begitu keras dalam melindungi keluarganya. Hal ini juga ia rasakan secara pribadi.

"Dalam hidupku aku dipanggil untuk mengasihi dan melindungi, dan menjadi sungai untuk orang-orang di sekitarku. Aku tahu apa yang kita lakukan, harus tahan menghadapi serangan. Harus tahan saat orang mengatakan hal-hal gila tentangmu. Dalam industri ini, kamu harus tahan saat orang tak menghinamu. Dan kamu harus tersenyum dan pura-pura itu tak apa-apa," papar Will Smith.

 

4 dari 7 halaman

3. Will Smith Akui Dirinya Sudah Kelewatan

Will Smith akhirnya mengungkap permintaan maaf kepada Chris Rock atas insiden tamparan di Piala Oscar 2022 kemarin. Hal ini ia sampaikan lewat akun Instagram pribadi miliknya, Selasa (29/3/2022) pagi waktu Indonesia.

Ia menulis kalimat panjang dalam latar hitam polos.

"Kekerasan dalam berbagai bentuk adalah hal beracun dan destruktif. Perilakuku dalam Academy Awards malam kemarin tak bisa diterima dan tak bisa dibenarkan," tulis suami Jada Pinkett Smith tersebut.

Selanjutnya, ia secara terbuka meminta maaf kepada komedian dan komika ternama tersebut.

"Aku ingin meminta maaf di depan publik kepadamu, Chris. Aku kelewat batas, dan aku salah. Aku malu dan tindakanku bukanlah cerminan dari sosok pria yang kuinginkan. Tak ada tempat untuk kekerasan di dunia yang penuh cinta dan kebaikan," tulisnya lagi.

Will Smith juga tak hanya meminta maaf kepada Chris Rock saja.

"Aku ingin minta maaf kepada The Academy, produser acara ini, dan semua hadirin serta seluruh orang yang menonton di seluruh dunia," kata dia.

Ia juga minta maaf kepada keluarga Williams yang menjadi landasan King Richard yang ia bintangi, dan juga timnya di film ini.

"Aku sungguh sangat menyesal bahwa perilaku dirku telah mencemari apa yang seharusnya menjadi perjalanan yang indah untuk kita semua. Aku adalah sosok yang masih berproses," tutup Will Smith.

 

5 dari 7 halaman

4. Sempat Jadi Trending Topic Twitter

Insiden yang terjadi antara Will Smith dan Chris Rock di atas panggung Piala Oscar 2022 ramai diperbincangkan di media sosial Twitter.

Kata kunci Will Smith menduduki trending di Twitter dengan 2,58 juta cuitan pada saat artikel ini ditulis, Senin 28 maret 2022. Sementara Tweet berisi keyword Chris Rock mencapai 1,63 juta cuitan.

Tidak sedikit yang membicarakan soal istri Will Smith, Jada Pinkett Smith yang menjadi bahan candaan oleh Chris Rock di panggung Oscars 2022, dengan 548 ribu cuitan.

Banyak warganet yang membela aktor MIB itu karena sang komedian telah menghina kondisi sang istri. Namun, ada juga mengecam tindakan kekerasan di panggung tidak bisa dibenarkan.

Ada juga warganet yang mengomentari respon aktris Lupita Nyong'o, yang duduk di belakang Smith, kala aktris Black Panther itu melihat Will Smith memaki Chris Rock.

Beberapa juga mencuitkan soal apa yang terjadi di Oscar 2022 tersebut dalam bentuk meme.

"NONE OF THAT WAS BLEEPED IN AUSTRALIA

WILL SMITH SAID “KEEP MY WIFE’S NAME OUT OF YOUR FUCKING MOUTH”," tulis David Mack @davidmackau.

"Oh man.. the memes are going CRAZY over the Will Smith smack lol," tulis @Lulz5wag ddisertai meme.

 

6 dari 7 halaman

5. Reaksi Oscar Academy

Penyelenggara Oscar 2022 menyatakan tidak memaafkan kekerasan dalam bentuk apapun. Hal ini disampaikan menyusul insiden di mana aktor Will Smith menampar wajah presenter Chris Rock di atas panggung selama siaran langsung, seperti dikutip dari laman Channel News Asia.

"Akademi tidak memaafkan kekerasan dalam bentuk apa pun," cuit Academy of Motion Picture Arts and Sciences atau Oscar setelah malam pemberian apresiasi bagi pelaku seni di bidang film.

"Malam ini kami dengan senang hati merayakan pemenang Academy Awards ke-94 kami, yang pantas mendapatkan momen pengakuan ini dari rekan-rekan mereka dan pecinta film di seluruh dunia," sambungnya.

 

7 dari 7 halaman

6. Will Smith Terancam Sanksi dari Academy

Setelah sempat mengeluarkan reaksi keras terhadap insiden Will Smith dan Chris Rock, The Academy of Motion Picture Arts and Sciences, kembali bersuara. Mereka kembali mengungkap pernyataan yang lebih detail terkait isu ini.

Salah satu poin penting dalam pernyataan pihak Academy, adalah langkah apa yang akan mereka ambil ke depannya.

"The Academy mengutuk perbuatan Tuan Smith dalam acara malam kemarin. Kami secara resmi telah memulai review formal terkait insiden dan akan mempertimbangkan langkah selanjutnya maupun konsekuensi yang sesuai dengan aturan dan standar perilaku kami, serta hukum di California," begitu pernyataan pihak penyelenggara Academy Awards, dilansir dari People, Selasa (29/3/2022).

Ditambahkan bahwa salah satu poin dalam standar perilaku organisasi ini adalah kode etik dari para anggota Academy. "Para anggota harus secara berperilaku sesuai dengan reputasi baik Academy," begitu pernyataan organisasi ini.

Kontak fisik yang dilakukan secara sepihak, tak pantas, dan tak diinginkan, adalah salah satu yang dianggap sebagai tindakan yang tak bisa diterima.

Alhasil, member yang melanggar terancam dengan sanksi tegas.

"Academy mungkin akan mengambil tindakan disiplin seperti yang dinyatakan dalam Peraturan Academy, sampai kepada penghentian sementara keanggotaan, atau dikeluarkan dari keanggotaan," begitu pernyataan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.