Sukses

Gunung Anak Krakatau Erupsi 3 Kali pada Jumat Pagi

Jumat pagi, 25 Maret 2022, Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali erupsi sebanyak tiga kali. Letusan pertama berketinggian 2.000 meter dari atas puncak, pukul 05.26 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Jumat pagi, 25 Maret 2022, Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali erupsi sebanyak tiga kali. Letusan pertama berketinggian 2.000 meter dari atas puncak, pukul 05.26 WIB.

Gunung berketinggian 157 meter yang terletak di perairan Selat Sunda itu mengeluarkan abu berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal, condong ke arah timur.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 56 mm dan berdurasi 2 menit 56 detik," tulis Jumono, pembuat laporan yang dikutip melalui aplikasi Magma Indonesia, Jumat (25/03/2022).

Erupsi Gunung Anak Krakatau kedua terjadi sekitar satu jam setelah letusan pertama atau sekitar pukul 07.47 WIB. Ketinggian abu nya mencapai 1.000 meter, lebih rendah dari erupsi sebelumnya.

Kolom abu berwarna kelabu hingga hitam, condong ke arah timur. Letusannya terjadi sekitar 49 detik, dengan amplitudo maksimum 56 mm.

Selanjutnya erupsi ketiga hanya berselang kurang dari 30 menit, semenjak letusan kedua terjadi, ketinggiannya kembali bertambah, menjadi 1.500 meter dari atas puncak.

Letusan yang terjadi pukul 08.08 WIB itu, berlangsung sekitar 2 menit lamanya.

"Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal, condong ke arah timur. Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 60 mm," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Dilarang Mendekat Radius 2 Kilometer

Masih dikutip melalui aplikasi resmi milik PVMBG pada Kementrian ESDM itu juga tertulis, masyarakat dilarang mendekat dalam radius 2 kilometer dari gunung, untuk menghindari lontaran batu dan material letusan Gunung Anak Krakatau yang berada di Selat Sunda.

"Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada tingkat Level 2 atau waspada. Masyarakat atau wisatawan dilarang mendekati kawah dalam radius 2 kilometer," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.