Sukses

Airlangga: Bantuan Tunai Rp 600 Ribu untuk PKL-Nelayan Dibagikan Lewat TNI-Polri

Bantuan langsung tunai Rp 600 ribu untuk PKL, pedagang warung, hingga nelayan cair bulan ini dan akan dibagikan oleh aparat TNI dan Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan tunai untuk para pedagang kaki lima (PKL), pedagang warung, hingga nelayan. Bantuan akan disalurkan pada bulan Maret 2022 ini melalui TNI-Polri.

"Bantuan tunai untuk PKL, warung, dan nelayan yang dalam bulan-bulan ini akan segera diluncurkan melalui TNI-Polri," kata Airlangga dalam Forum Silaturahmi Ulama di Makassar Sulawesi Selatan, Sabtu (12/3/2022).

Menurut dia, besaran bantuan yang akan diberikan yakni, Rp 600 ribu untuk setiap penerima manfaat. Total ada 2,7 juta masyarakat yang menjadi sasaran program bantuan langsung tunai (BLT) ini.

Adapun sebanyak 1 juta penerima manfaat di antaranya adalah pedagang kaki lima atau pemilik warung. Sisanya, 1,76 juta orang akan disalurkan kepada nelayan penduduk miskin ekstrem.

"Besarnya 600 ribu per orang dan direncanakan untuk 2,7 juta masyarakat," ucap Airlangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Pengembangan UMKM Lewat Bank Syariah

Di sisi lain, dia juga terus mendorong kegiatan ekonomi keumatan, salah satunya Bank Syariah. Terlebih, kata Airlangga, Indonesia memiliki Bank Syariah yang cukup besar.

Kemudian, mendorong Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pengembangan UMKM. Pemerintah sendiri menganggarkan Rp 283 triliun dengan bunga 3 persen yang telah disubsidi.

"3 persennya disubsidi oleh pemerintah. Sehingga tidak ada batasan untuk mengembangkan pembiayaan UMKM," tutur Airlangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.