Sukses

Dilantik Jokowi, Andi Sudirman Resmi Gantikan Nurdin Abdullah Sebagai Gubernur Sulsel

Presiden Joko Widodo melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubermur Sulawesi Selatan, Kamis 10 Maret 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubermur Sulawesi Selatan, Kamis 10 Maret 2022. Acara pelantikan ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pelantikan Andi digelar di Istana Negara Jakarta berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 P tahun 2022 tentang pengesahan pemberhentian wakil gubernur Sulawesi Selatan masa jabatan 2018-2023 dan pengesahan pengangkatan gubernur sisa masa jabatan tahun 2018-2023.

Sebelum dilantik, Andi menjalani proses kirab bersama Presiden Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam pelantikan ini.

"Bersediakah saudara mengucap sumpah menurut agama Islam?," tanya Jokowi.

"Bersedia," jawab Andi.

"Demi Allah bersumpah/berjanji bahwa saya akan memenuhi kewajiban dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata Jokowi mendiktekan penggalan sumpah jabatan yang diikuti Andi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gantikan Nurdin Abdullah

Usai disumpah, Andi pun telah resmi menjadi gubernur Sulawesi Selatan hingga sisa masa periode 2023 nanti. Andi menjadi gubernur menggantikan Nurdin Abdullah yang terjerat korupsi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.