Sukses

Komisi II Gelar Fit And Proper Test Calon Anggota KPU-Bawaslu Hari Ini, Senin 14 Februari

Fit and proper test ini akan menyaring dan mendapatkan anggota KPU dan Bawaslu RI periode 2022-2027 yang terbaik dan berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi II menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 pada hari ini (14/2). Fit and proper test ini akan berlangsung 14-16 Februari 2022.

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus menjamin fit and proper test akan dilakukan secara terbuka dan independen.

"Komisi II akan mengkritisi setiap calon komisioner KPU- Bawaslu secara tajam dengan memperhatikan integritas, kapabilitas dan independensi para calon. Juga faktor inovasi dan kreativitas serta mental dari calon komisioner KPU akan kita kuliti dengan cermat. Bukan sekadar mendalami hal-hal yang bersifat normatif," ujar Guspardi kepada wartawan, Senin (14/2/2022).

Guspardi mengatakan, fit and proper test ini akan menyaring dan mendapatkan anggota KPU dan Bawaslu RI periode 2022-2027 terbaik dan berkualitas.

"Bagaimanapun fit and proper test yang digelar Komisi II ini merupakan benteng terakhir untuk menyaring dan mendapatkan calon komisioner KPU-Bawaslu yang terbaik dan berkualitas," kata politikus PAN ini.

Komisi II telah melaksanakan rapat dengar pendapat umum (RDPU) untuk menerima masukan masyarakat yang ingin memberikan informasi, masukan dan catatan mengenai rekam jejak 14 calon anggota KPU dan 10 anggota Bawaslu sebelum dilakukan fit and proper test.

Menjelang fit and proper test, Komisi II menerima masukan dari perwakilan Maju Perempuan Indonesia (MPI), Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) dan Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI) dalam RDPU pada Kamis (10/2) lalu.

Dalam fit and proper test, masing-masing calon diberikan waktu paling lama satu jam untuk menyampaikan visi dan misi, termasuk memberikan tanggapan pertanyaan yang diajukan anggota Komisi II.

"Masukan dan catatan dari berbagai elemen masyarakat akan kita jadikan bahan dan perhatian untuk dapat mengkritisi para calon dengan lebih tajam dan lebih substansial," ujar Guspardi.

Diharapkan proses fit and proper test ini berjalan lancar. Elemen masyarakat juga dipersilakan memantau secara langsung atau bisa akses kanal yang disediakan DPR untuk mengikuti secara utuh proses seleksi. Akan dipilih tujuh orang anggota KPU dan lima orang anggota Bawaslu dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas.

"Siapapun yang dipilih oleh Komisi II DPR nantinya merupakan sosok yang terbaik untuk membawa penyelenggaraan pemilu yang lebih maju dan berkualitas," pungkas Guspardi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mereka yang Ikut Fit and Proper Test

Berikut calon anggota KPU-Bawaslu akan mengikuti fit and proper test.

Calon Anggota KPU:

1. August Mellaz

2. Betty Epsilon Idroos

3. Dahliah

4. Hasyim Asy’ari

5. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi

6. Idham Holik

7. Iffa Rosita

8. Iwan Rompo Banne

9. Mochammad Afifuddin

10. Muchamad Ali Safa’at

11. Parsadaan Harahap

12. Viryan

13. Yessy Yatty Momongan

14. Yulianto Sudrajat

Calon Anggota Bawaslu:

1. Aditya Perdana

2. Andi Tenri Sompa

3. Fritz Edward Siregar

4. Herwyn Jefler Hielsa Malonda

5. Lolly Suhenty

6. Mardiana Rusli

7. Puadi

8. Rahmat Bagja

9. Subair

10. Totok Hariyono.

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.