Sukses

Top 3 News: Fakta Baru Kecelakaan yang Tewaskan Putra Gubernur Kaltara, AKP Novandi

Kepolisian mengungkap, salah satu korban tewas kecelakaan mobil terbakar di Senen, Jakarta Pusat adalah putra Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) bernama AKP Novandi Arya Kharisma (31).

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait kabar terbaru kecelakaan maut mobil sedan Toyota Camry yang terbakar di Jalan Raya Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Senin dini hari, 7 Februari 2022.

Kepolisian mengungkap, salah satu korban tewas mobil terbakar tersebut adalah putra Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) yang juga seorang polisi bernama AKP Novandi Arya Kharisma (31).

Disampaikan Kabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Pol Didiet Setiobudi, identitas Novandi teridentifikasi lewat pencocokan data gigi atau odontogram.

Kemudian, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) angkat bicara soal kasus penambangan batu andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah.

Menurut Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara, pihaknya diminta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk menengahi persoalan Wadas. Karena itu Komnas HAM pun berupaya menjadi mediator dengan menggelar dialog.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah untaian pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat puncak perayaan Hari Pers Nasional 2022, Rabu 9 Februari 2022.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi hadir secara virtual pada perayaan yang diselenggarakan di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Kota Kendari.

Pada sambutannya, Presiden Jokowi menyinggung soal kebebesan pers dan jaminan perlindungan terhadap profesi wartawan. Dia menilai, sebuah roda pemerintahan membutuhkan kritik saat menjalankan kebijakan dari para insan pers.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 9 Februari 2022:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tiga Fakta Baru Kecelakaan Tunggal di Senen hingga Tewaskan Putra Gubernur Kaltara

Identitas korban kecelakaan tunggal yang terjadi pada Senin, 7 Februari kemarin di Jalan Raya Pasar Senen, Jakarta Pusat, akhirnya terungkap. Salah satu korban diketahui putra Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) bernama Novandi Arya Kharizma (31).

Sementara, satu korban lainnya hingga kini masih dalam proses identivikasi Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri. 

Identitas Novandi teridentifikasi lewat pencocokan data gigi atau odontogram. Hal ini diungkap Kabid Dokkes Polda Metro Jaya, Kombes Pol Didiet Setiobudi.

"Data gigi geliginya ini data odontogram yang dapat kami bisa kasih lihat, ada beberapa bagian yang menentukan atau yang menunjukan bahwa 100 persen yang bersangkutan bisa dipastikan bernama Novandi Arya Kharizma, usia 31 tahun. Kita bisa menegakkan diagnosa, menegakkan identifikasinya dengan cara odontogram," kata Didiet di Polda Metro Jaya, Selasa, 8 Februari 2022.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Kasus Desa Wadas, Komnas HAM: Kami Undang Dialog, Pihak Kontra Tidak Datang

Kasus penambangan batu andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo telah diupayakan untuk dimediasi oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Namun dialog yang digelar justru ditolak oleh warga yang kontra.

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara mengatakan, lembaganya diminta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk menengahi persoalan Wadas. Karena itu Komnas HAM pun berupaya menjadi mediator dengan menggelar dialog. 

"Pertengahan Januari kemarin ini gubernur memang meminta ke saya atau ke Komnasham untuk memfasilitasi dialog," katanya, Selasa, 8 Februari 2022.

Selain mengundang pihak pro dan kontra, pertemuan pada 20 januari itu juga mengundang Polda Jateng, DPRD Purowrejo, BBWS dan BPN. 

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Hari Pers Nasional 2022, Ini 6 Pesan Jokowi untuk Insan Media di Tanah Air

Puncak perayaan Hari Pers Nasional 2022 digelar di halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Kota Kendari, Rabu 9 Februari 2022. Presiden Joko Widodo atau Jokowi hadir secara virtual pada perayaan ini.

9 Februari merupakan tanggal berdirinya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 1946 silam di Surakarta dan menjadi organisasi wartawan pertama di Indonesia.

Pada sambutannya, Presiden Jokowi menyinggung soal kebebesan pers dan jaminan perlindungan terhadap profesi wartawan.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Begini Cara Mudah Mengajukan Santunan Jasa Raharja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.