Sukses

Kepala BNPT Minta Maaf Terkait Polemik 198 Pesantren Terafiliasi Terorisme

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar menyampaikan permohonan maaf atas polemik temuan 198 pondok pesantren terafiliasi terorisme.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar menyampaikan permohonan maaf atas polemik temuan 198 pondok pesantren terafiliasi terorisme. Hal itu disampaikannya saat melaksanakan inisiasi bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Saya selaku Kepala BNPT menyampaikan permohonan maaf sehubungan dengan penyebutan nama ponpes yang melukai perasaan pengelola pondok umat Islam," tutur Boy di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Kamis (3/2/2022).

Boy menyatakan, tidak ada maksud untuk menyudutkan nama pondok pesantren sebagai lembaga yang berkaitan dengan terorisme.

"Terafiliasi di sini dimaksud terkoneksi, terhubung. Jadi kami mengklarifikasi, meluruskan berkaitan dengan individu. Jadi bukan lembaga ponpes secara keseluruhan, tapi ada individu-individu yang terhubung dengan pihak-pihak yang terkena proses hukum terorisme," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merangkum Data

Menurut Boy, BNPT sifatnya hanya merangkum dari penegakan hukum yang dilaksanakan berdasarkan data yang ada selama 20 tahun terakhir.

Dengan begitu, pemerintah bersama pemangku kepentingan lainnya dapat menentukan arah kebijakan dan strategi yang tepat dalam rangka mencegah dampak buruk terhadap masyarakat.

"Jadi terhadap penyebutan ponpes itu, saya selaku Kepala BNPT menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pimpinan MUI yang hadir," Boy menandaskan.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.