Sukses

Anggota Satgas Damai Cartenz Korban Tembak KKB Dievakuasi ke Jayapura Papua

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Brimob Polri Bharada Resi Nugroho yang mengalami luka tembak dievakuasi ke Jayapura , Papua dengan menggunakan helikopter Polri, Sabtu (22/1/2022).

Bharada Resi terluka saat kontak tembak antara Satgas Damai Cartenz dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, Sabtu pagi. 

"Saat ini korban sudah tiba di Bandara Sentani dan langsung dibawa ke RS Bhayangkara untuk mendapatkan penanganan medis atas luka tembak yang dideritanya," kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito dikutip dari Antara.

Menurut Cahyo, korban mengalami luka tembak di dada bagian kiri. Saat itu, korban bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz sedang melaksanakan pengamanan kedatangan helikopter Polri pembawa logistik yang terbang dari Sentani.

"Namun sekitar pukul 08.30 WIT, tiba-tiba KKB pimpinan Lamek Tablo menembak ke arah anggota hingga terjadi baku tembak yang mengenai korban Bharada Resi," jelas Cahyo melalui telepon selulernya.

Evakuasi korban berlangsung aman setelah Kepolisian mendapat bantuan dari Yonif PR/431 yang tergabung dalam pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) dan bertugas di wilayah itu.

Kiwirok merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Pegunungan Bintang yang juga berbatasan dengan Papua Nugini.

2 dari 2 halaman

Baku Tembak Juga Terjadi Senin 17 Januari 2022

Sebelumnya, Pos Satgas Nemangkawi di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, juga sempat ditembak oleh KKB jelang penarikan personel. Peristiwa itu mengakibatkan seorang anggota Brimob terluka.

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito menyatakan, pada Senin pukul 06.50 WIT, Bharatu Bachtiar ditembak hingga terluka di bagian bahu kiri. Saat itu cuaca masih berkabut dan korban sedang berdiri di pos untuk memantau situasi.

"Saat hendak balik ke dalam pos, KST menembak dan mengenai korban," kata AKBP Cahyo Sukarnito, Senin (17/1/2022), seperti dilansir dari Antara.

Korban langsung dirawat di RS Bhayangkara, Jayapura setelah dievakuasi dengan menggunakan helikopter milik Polri.

Dari laporan terungkap, tembakan yang dilakukan KKB dari sekitar kawasan perumahan perhubungan yang sudah tidak ditempati, menimbulkan baku tembak.

Ketika ditanya itu kelompok mana, Kapolres Pegunungan Bintang menyatakan pelaku penyerangan adalah kelompok Lamek Tablo.

"Pelaku penembakan itu berasal dari KKB pimpinan Lamek Tablo," tegas AKBP Cahyo Sukarnito.