Sukses

Tak Terawat, Bangunan Cagar Budaya di Semarang Roboh

Sebuah bangunan kosong dua lantai di Jalan Gelatik, Kelurahan Purwodinatan, Semarang Tengah, Jawa Tengah, yang merupakan salah satu cagar budaya, kembali roboh. Bangunan ini tak kuat bertahan karena tak ada perawatan dari pemerintah kota setempat.

Dari pantauan Minggu (13/1/2013) pagi, bagian atap dan lantai atas pada bangunan cagar budaya dengan tinggi sekitar 15 meter itu roboh ke jalan. Akibatnya arus lalu-lintas terpaksa dialihkan untuk beberapa saat. Satu unit alat berat dari Dinas Bina Marga juga terlihat mengangkut material bangunan.

Salah seorang warga, Suratwiartono (58) mengatakan, saat bangunan roboh sekitar pukul 09.30 WIB, dirinya mendengar suara gemuruh. "Ketika keluar rumah, saya sudah melihat bangunan di lantai atas roboh ke jalan," ujar warga RT 04 RW 05, Kelurahan Purwodinatan itu.

Menurut dia, bangunan cagar budaya yang roboh tersebut saat ini kosong setelah sebelumnya digunakan oleh sebuah perusahaan kosmetik. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam peristiwa ini. Sementara aparat berwenang di Kota Semarang belum dapat dikonfirmasi.

Pertengahan Januari dan April 2011, ada dua bangunan cagar budaya di kawasan Kota Lama, Jalan Kepodang, Semarang, yang juga roboh serta menimpa enam mobil dan tiga sepeda motor yang sedang diparkir.(Ant/Ado)

    Loading