Sukses

Jokowi Buka Munas V Perhimpunan INTI, Ajak Kolaborasi di Sektor Ekonomi

Jokowi secara khusus menyampaikan apresiasi terkait tema besar yang digaungkan pada Munas V INTI kali ini.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Musyawarah Nasional (Munas) V Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) yang berlangsung pada 18-19 Desember 2021 di Hotel Borobudur, Jakarta.

"Munas V Perhimpunan INTI tahun 2021, saya nyatakan dibuka," kata Presiden Jokowi melalui siaran virtual.

Jokowi secara khusus menyampaikan apresiasi terkait tema besar yang digaungkan pada Munas V INTI kali ini.

Dengan tajuk Meningkatkan Kerukunan dan Kepedulian Menuju Indonesia Tangguh, Jokowi meminta Perhimpunan INTI melanjutkan kontribusi menjaga semangat persaudaraan dan persatuan.

"Indonesia dibangun di atas keberagaman dan di tengah kemajemukan. Persaudaraan sebangsa dan setanah air mengikat persatuan di antara kita. Selama INTI berkiprah 20 tahun terus menjadi pilar persatuan dan kesatuan. Berkontribusi dan berkomitmen menjaga Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," beber Jokowi.

"Saya yakin dengan semangat persaudaraan dan persatuan bisa menyelesaikan pekerjaan rumah kita, seperti pengangguran, kemiskinan, dan ketimpangan sosial. Hal itu menjadi ikhtiar bersama dan kita semua harus bekerja keras bersama," imbuh dia.

Selain itu, Presiden juga menaruh harapan besar kolaborasi INTI dengan Pemerintah terus berlanjut dan berjalan harmonis ke depannya. Jokowi juga menyinggung beberapa kemungkinan kolaborasi lanjutan, salah satu perhatiannya ialah bidang ekonomi.

Pemerintah Indonesia sendiri telah melaksanakan program yang menyentuh pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta kredit usaha rakyat (KUR).

"Ekonomi masyarakat akar rumput harus terintegrasi dengan rantai ekonomi nasional dan global. Mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat membutuhkan dukungan termasuk dari Perhimpunan INTI," ujar Jokowi.

"Intinya, supaya bisa bergerak cepat dan besar agar masyarakat produktif serta pertumbuhan ekonomi cepat. Kami mengajak INTI memelopori program penguatan ekonomi masyarakat, seperti menjalin kemitraan dengan UMKM, melahirkan pengusaha baru khusus di pesantren-pesantren, serta membantu meningkatkan kemampuan dan skala usaha masyarakat," tandas Jokowi.

Sementara itu, Perhimpunan INTI yang sudah menyelesaikan Munas V menghasilkan keputusan di mana Pengurus Daerah yang hadir menerima secara bulat laporan pertanggungjawaban Pengurus Pusat periode 2017-2021.

Bahkan, mayoritas suara Pengurus Daerah kembali menunjuk Teddy Sugianto sebagai Ketua Umum Perhimpunan INTI periode 2022-2025.

Teddy sendiri memang menjadi calon tunggal Ketua Umum INTI yang artinya dia melanjutkan periode kedua kepemimpinan INTI.

"Usia saya sudah tidak muda lagi. Saya banyak kekurangan. Sejak INTI ada, dari Wali Kota, Bupati, Gubernur, sampai Presiden sudah memberi penghargaan. Memang bangga, tapi kita harus kerja keras. Kalau pengurus ingin saya melanjutkan kepemimpinan, saya terima," ujar Teddy Sugianto.

"Namun, saya harus didukung Pengurus Daerah dan Cabang seluruh Indonesia agar kita bisa bekerja lebih bagus dari sekarang," imbuh dia, Minggu (19/12/2021).

Acara Munas V Perhimpunan INTI dihadiri 14 dari 16 Pengurus Daerah dan 53 dari 68 Pengurus Cabang. Sebanyak 13 Pengurus Daerah yang mewakili semua cabang menyepakati laporan pertanggungjawaban kepengurusan 2017-2021 sekaligus memenangkan secara aklamasi Teddy Sugianto sebagai Ketua Umum INTI 2022-2025.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebijakan Berbasis Kesetaraan

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membuka acara welcome dinner mengaku terkesan dengan tema besar yang diusung pada Munas V Perhimpunan INTI.

"Ketika Perhimpunan INTI mengambil tema kerukunan dan kepedulian tentu sejalan dengan DKI Jakarta. Kami (Pemerintah Provinsi DKI Jakarta) terus-menerus berikhtiar menggalang persatuan ditopang dengan kebijakan yang berbasis kesetaraan. Dengan tujuan kesetaraan, maka persatuan lebih mudah dihadirkan," ujar Anies.

"Munas V INTI benar membawa pesan kerukunan dan kepedulian yang membawa dampak besar buat persatuan. Persenyawaan makin kuat dan kokoh. Persenyawaan yang saya maksud ialah bergabungnya berbagai unsur membentuk unsur baru," imbuh dia.

Selain apresiasi terhadap tema besar Munas V Perhimpunan INTI, Anies Baswedan lebih lanjut manaruh hormat terkait kontribusi yang sudah dilakukan INTI belakangan, khususnya selama pandemi COVID-19.

Gubernur DKI Jakarta itu berharap kolaborasi dengan Perhimpunan INTI terus berlanjut ke depannya.

"Saya mengundang semua unsur INTI bersama berjuang menghadirkan perasaan kesetaraan dan keadilan sehingga persatuan di Indonesia kita jaga. Saya sampaikan terima kasih teman-teman INTI yang pada masa pandemi bekerja sama dalam sebuah kolaborasi untuk penanganan pandemi COVID-19," dia menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.